alexametrics

Polisi Bubarkan Aksi Demo Ratusan Buruh Wanita di Gedangan

Pramono Putra

SIDOARJO - Aksi demo ratusan buruh wanita sebuah perusahaan pabrik rambut palsu di kawasan Desa Wedi, Gedangan, Sidoarjo, Rabu (1/4/2020) siang, akhirnya berhasil dibubarkan jajaran Polresta Sidoarjo.

Aksi demo menuntut pembayaran upah penuh akibat dampak terjadinya pemutusan hubungan kerja sepihak yang dilakukan pihak perusahaan, akhirnya bisa dibubarkan. Aksi bisa dibubarkan setelah polisi melakukan negosiasi dengan perwakilan buruh agar tidak melakukan aksi saat kondisi darurat virus corona.

Melalui proses negosiasi yang dipimpin langsung Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji, polisi meminta peserta aksi demo untuk pulang dan balik ke rumahnya masing-masing, karena kondisi lingkungan yang kurang memungkinkan.



Polisi meminta peserta  aksi demo buruh yang sebagian besar wanita ini untuk bisa menjaga kesehatan agar tidak terjangkit virus Covid-19, dengan tidak melakukan aksi demo massa di tempat umum.

“Situasi ini tidak memungkinkan untuk dilakukan unjukrasa. Dengan cara pendekatan kekeluargaan, aksi demo sebanyak 329 buruh wanita ini akhirnya bisa dibubarkan,” kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji.
 
Sementara terkait aksi demo ratusan buruh wanita yang diberhentikan (PHK) sepihak oleh perusahaan, hingga kini tidak ada satu pun perwakilan perusahaan yang mau memberikan keterangan ke awak media.



(nth)