PKB Pastikan Genggam Ketua DPRD Gresik

Minggu, 28 April 2019 - 18:10 WIB
PKB Pastikan Genggam Ketua DPRD Gresik
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kembali kuasai parlemen di Gresik dengan perolehan sementara 13 kursi. Foto/Dok SINDOnews
A A A
GRESIK - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kembali kuasai parlemen di Gresik. Dengan perolehan sementara 13 kursi, parpol berlambang bola dunia itu memiliki jatah ketua DPRD Gresik.

Data DPC PKB Gresik, ke-13 kursi didapat masing-masing dapil satu kursi. Ditambah dapil II dapat tiga kursi, dapil III, IV dan VIII dengan masing-masing dua kursi.

“Awalnya kita optimis dapat 16 kursi, tapi saat perhitungan PPK, tiga dapil yang potensi dapat dua, ternyata hanya satu kursi,” kata Sekretaris DPC PKB, Imron Rosyadi.

Termasuk, lanjut Imron, perebutam kursi terakhir di Dapil VIII (Manyar, Bungah dan Sidayu) dengan Gerindra. Sampai perhitungan terakhir tingkat PPK di Manyar. Dari sisa 13 TPS di Desa Suci, total PKB dapat 24.812 dan Gerindra hanya 23.685 suara.

“Artinya, bisa dipastikan, kami dapat dua kursi di Dapil VIII,” kata Imron.

Sedangkan Ketua DPD II Partai Golkar Ahmad Nurhamim mengaku, bila perolehan kurasinya menurun. Peleg 2014 dengan 11 kursi, hasil Pileg 2019 ini hanya delapan kursi.

“Ya, kami pastikan hampir semua dapil kami dapat satu kursi. Jadi hanya delapan kursi. Dan, jumlah itu sudah bagus,” kata dia.

Dari hitungan sementara, PKB dapat 13 kursi, Golkar dan Gerindra masing-maisng delapan kursi, PDIP selaku pemenang nasional dapat enam kursi.

Kemudian, Nasdem naik dengan lima kursi. Sementara parpol besutan Presiden SBY turun dapat empat kursi. Begitu juga PPP yang periode lalu dengan tujuh kursi, saat ini hanya dapat tiga kursi sama dengan PAN.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9023 seconds (0.1#10.140)