Peringati Hari Bumi dengan Tanam 1.000 Mangrove

Minggu, 28 April 2019 - 19:12 WIB
Peringati Hari Bumi dengan Tanam 1.000 Mangrove
Suasana penamana mangrove di pesisir Pangkah Kulon, Ujungpangkah, Gresik. Foto/SINDOnews/ashadi ik
A A A
GRESIK - Cara PT Semen Indonesia (persero) Tbk memperingati Hari Bumi. Polanya menanam 1.000 batang pohon mangrove di pesisir Ulutara Gresik, Desa Pangkahkulon, Kecamatan Ujungpangkah.

Selain menanam mangrove, BUMN itu memberikan bantuan 2.500 benih ikan bandeng serta pelampung. Juga membangun pos pengawas lingkungan.

Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan PT Semen Indonesia (persero) Tbk, Sigit Wahono mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian memperingati Hari Bumi. Juga menjaga kelestarian lingkungan.

“Melalui Semen Indonesia Community Day ini kami ingin masyarakat terlibat langsung merawat lingkungan,” kata Sigit.

Khusus di Desa Pangkahkulon, manajemen SI menanam 1.000 batang pohon mangrove. Kegiatan ini sudah berjalan mulai tahun 2015, total ada 8.000 pohon mangrove yang sudah ditanam.

Sigit Wahono menambahkan, perusahaannya juga membangun pos pengawas lingkungan yang dilengkapi dermaga serta spot foto yang menarik. Harapannya, keberadaan pos tersebut bisa dimanfaatkan memantau hutan bakau di Desa Pangkahkulon sekaligus bisa dikembangkan sebagai sarana wisata bagi masyarakat.

“Kami juga melakuakn penanaman di anak usaha seperti PT Solusi Bangun Andalas di Aceh,PT Solusi Bangun Indonesia di Cilacap dan Narogong, PT Semen Padang Di Padang, Di Tuban serta di Rembang,” kata dia.

Sementara itu Kepala Desa Pangkahkulon Ahmad Fauron mengapresiasi atas apa yang dilakukan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Menurutnya upaya pelestarian alam melalui penanaman mangrove sangatlah bermanfaat. Pengelolaan mangrove ini akan dilakukan kelompok masyarakat pengawas (Pokmaswas) yang nantinya dikembangkan menjadi eduwisata.

“Di tempat kami sudah ada Wisata Tanjung Lewehan (WTL) yang juga dihuni kera hutan, Pengembangan wisata ini merupakan hasil studi banding dari Tanjung Puting, Kalimantan Tengah,” tuturnya.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.5919 seconds (0.1#10.140)