alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Perilaku Konsumen Pengaruhi Sistem Pemasaran Kosmetik Azarine

Masdarul Khoiri
Perilaku Konsumen Pengaruhi Sistem Pemasaran Kosmetik Azarine
Marketing Manager Azarine Cosmetic, Marcella Vanessa (kiri) bersama desainer Diana Putri.Foto/ist

SURABAYA - Kecanggihan teknologi dan tingkat stres di jalanan menjadi salah satu pemicu perilaku konsumen. Dengan teknologi tersebut, konsumen tak repot lagi untuk belanja maupun perawatan tubuh. Semua dengan mudah bisa dilakukan di rumah.

Kondisi semacam ini langsung direspon PT Wahana Kosmetika Indonesia, produsen perawatan wajah dan tubuh Azarine mengubah pola pemasarannya. Mereka lebih banyak masuk ke pasar ritel bukan lagi menjadi pemasok ke salon dan spa.
 
Menurut Marcella Vanessa selaku Marketing Manager Azarine, jika pada awal berdiri 2002 fokusnya memang supplier para profesional, kini justru  berbalik. "90 persen produk kita ada di pasar ritel. Kita masuk ke ritel-ritel penyedia berbagai produk kecantikan dan kesehatan," kata Marcella, Minggu (28/4/2019).

Marcella menambahkan, sudah tujuh tahun terakhir perusahaannya fokus ke pasar ritel. Karena gaya hidup konsumen yang mulai berubah. "Sekarang mau perawatan rambut, kulit dan wajah dilakukan di rumah. Dan konsumen cukup membeli produknya tidak perlu ke salon spa," terangnya.
 
Perusahaan yang memiliki pabrik di Gedangan Sidoarjo ini menyadari walau konsep penjualan mulai berubah namun prospek bisnis kecantikan masih terus tumbuh. "Kalau kebutuhannya masih akan terus ada. Yang berbeda hanya perilaku konsumennya. Jadi kita harus mengikuti," jelasnya.
 
Karenanya, kata Marcella, Azarine yang memiliki 100 item produk ini merasa perlu untuk memberikan nilai lebih pada konsumennya. Salah satunya dengan meluncurkan produk exclusive limited edition dengan menggandeng pihak ketiga.



Azarine merupakan launching tiga produk baru bertemakan natural glowing face yakni Primer Hydraglow Mist, Highlighter Multiaction Lightening Serum, dan Cooling Water Sleeping Mask.
Marcella mengatakan ketiga produk tersebut dibuat untuk memenuhi permintaan pasar akan produk kecantikan yang juga dapat sekaligus merawat kulit.

Untuk tiga produk limited edition yang hanya akan dijual selama sebulan ke depan itu, dilakukan dengan cara berbeda. Azarine menggandeng desainer yang dikenal dengan rancangan busana seksi dan glamor yakni Diana Putri.

Diana Putri sendiri sangat tersanjung digandeng Azarine Cosmetic untuk launching tiga produknya. “Kita kasih sesuatu yang anggun, cantik mencerminkan diri seorang wanita. Karena cantik itu keputusan. Orang cantik belum tentu anggun tapi kalau orang itu anggun sudah pasti cantik,” jelas Diana



(msd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif