Ahmad Dhani Diprediksi Gagal Lolos ke Senayan

Jum'at, 03 Mei 2019 - 11:01 WIB
Ahmad Dhani Diprediksi Gagal Lolos ke Senayan
Direktur SCG Research and Consulting, Didik Prasetiyono. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - SCG Research and Consulting merilis prediksi 10 kursi DPR RI untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur (Jatim) I yang meliputi Surabaya dan Sidoarjo.

Musisi Ahmad Dhani yang maju caleg DPR RI dapil ini dipastikan gagal melaju ke Senayan.

Lantas, siapa saja yang berhak atas 10 kursi DPR RI dari dapil Jatim I? SCG memprediksi, nama-nama incumbent dengan kekuatan mengakar masih cukup digdaya. Berdasarkan konversi kursi dengan metode Sainte Lague, tiga kursi DPR RI diperkirakan menjadi milik PDI Perjuangan, dua kursi untuk PKB, dan masing-masing satu kursi untuk Gerindra, Golkar, PAN, PKS, serta satu lagi masih terbuka diperebutkan Demokrat dan NasDem.

Hingga rekapitulasi SCG pada Kamis sore (2/5/2019), perolehan suara Ahmad Dhani yang maju lewat Partai Gerindra, berada di kisaran 35.000 suara, jauh di bawah Rahmat Muhajirin dan Bambang Haryo yang memperoleh suara di atas 50 ribu. Sedangkan Partai Gerindra hanya akan mendapat 1 kursi. “Jadi satu kursi milik Gerindra diperebutkan Rahmat Muhajirin dan Bambang Haryo. Selisih suara keduanya masih cukup tipis,” kata kata Direktur SCG Research and Consulting, Didik Prasetiyono, Jumat (3/5/2019).

Data SCG Research and Consulting menunjukkan, pada Pemilu 2019 ini, PDI Perjuangan masih menjadi partai dengan perolehan suara tertinggi dengan 24,92% di Dapil Jatim I. Disusul PKB 16,60%, Gerindra 12,6%, Golkar 10,68%, PAN 6,26%, PKS 6,2%, Demokrat 4,52%, PSI 4,45%, dan Nasdem 4,23%. Di papan tengah ada PPP 3,65%, Perindo 2,99%. Sedangkan di papan bawah adalah Partai Berkarya 1,09%, PBB 0,65%, Hanura 0,64%, Garuda 0,37&, dan PKPI 0,15%.

”Terhadap satu kursi yang diprediksi untuk Gerindra, PKB, dan PAN, masih ada ruang perebutan. Ini karena di antara caleg yang bersaing marjin suaranya tidak cukup tebal. Sedangkan kursi untuk Golkar dan PKS, ruang perebutan bisa dikatakan sudah selesai karena tebalnya marjin suara antara caleg unggul dan kompetitor di bawahnya,” sambung Didik.

Perolehan itu berdasarkan data real count TPS yang direkapituliasi oleh Tim SCG dari Kelurahan/Desa dan Kecamatan di Surabaya dan Sidoarjo yang telah mencapai 87 persen input TPS pada 2 Mei 2019. “Rupanya caleg artis belum memperoleh kepercayaan di Jatim I. Selain Dhani, sejumlah caleg artis yang diprediksi gagal adalah Andre Hehanussa, Manohara Odelia, dan Sundari Soekotjo,” ungkap Didik.

Berikut adalah urutan perolehan kursi DPR RI dari Dapil Jatim I berdasarkan konversi suara dengan metode Sainte Lague dari SCG Research and Consulting :

- Kursi ke-1 : PDIP (Puti Guntur Soekarno)
- Kursi ke 2 : PKB (Syaikhul Islam)
- Kursi ke-3 : Gerindra (Rahmat Muhajirin/Bambang Haryo)
- Kursi ke 4: Golkar (Adies Kadir)
- Kursi ke-5: PDIP (Bambang DH)
- Kursi ke-6: PAN (Sungkono/Sunartoyo)
- Kursi ke-7: PKS (Sigit Sosiantomo)
- Kursi ke-8: PKB (Arzeti Bilbina/Fandi Utomo)
- Kursi ke-9: PDIP (Indah Kurniawati)
- Kursi ke-10 akan diperebutkan diantara Partai Demokrat dan Partai Nasdem menunggu rekapitulasi 100% KPU. (lukman hakim)
Att
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8711 seconds (0.1#10.140)