Tips Tetap Sehat Selama Berpuasa di Bulan Ramadhan

Minggu, 05 Mei 2019 - 15:44 WIB
Tips Tetap Sehat Selama Berpuasa di Bulan Ramadhan
Tahun ini, Ramadhan tiba di masa musim pancaroba. Agar tetap sehat selama berpuasa Ramadhan di tengah cuaca yang tak menentu seperti ini, ada sejumlah tips. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ramadhan diperkirakan akan dimulai pada Senin (6/5/2019). Di sebagian besar wilayah di Indonesia, terutama di Jakarta, Ramadhan tiba di saat musim pancaroba.

Cuaca yang terkadang panas menyengat dan hujan membuat badan pun rentan terhadap penyakit. Namun, itu bukanlah alasan untuk tidak berpuasa selama Ramadhan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah puasa sebulan penuh.

Dikutip dari TTR Weekly, ada sejumlah tips yang bisa Anda ikuti agar tetap fit dan sehat selama berpuasa.

1. Makan secukupnya saat berbuka puasa dan pastikan menyantap makanan sehat pada saat sahur.

2. Cukup tidur dalam waktu 24 jam.

3. Jika Anda suka berolahraga, maka tunggulah 2—3 jam setelah berbuka puasa dan fokuskan pada aktivitas ringan seperti jalan-jalan.

4. Berkonsultasilah dengan dokter untuk mengatur pengobatan yang sedang Anda jalani dan penyakit kronis seperti diabetes sebelum berpuasa.

5. Berusalah melakukan tugas yang lebih sulit di awal hari dan berkendaralah dengan aman.

6. Fokus pada kesadaran keselamatan berlalu lintas penting pada masa-masa ini, terutama pada saat sebelum berbuka puasa ketika konsentrasi mulai menurun karena berpuasa.

Direktur keamanan regional International SOS EMEA Julian Moro mengatakan, keselamatan berkendara selama Ramadhan itu penting.

“Selama Ramadhan, kecelakaan lalu lintas cenderung memuncak pada saat menjelang maghrib dan orang-orang terburu-buru agar bisa berbuka puasa. Kami menyarankan agar orang-orang menghindari perjalanan yang tidak diperlukan di saat seperti ini dan mengambil langkah keamanan dengan serius mau apakah mereka berada di jalanan sebagai pengendara, penumpang atau pejalan kaki,” kata dia.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7360 seconds (0.1#10.140)