Israel Bersiap Lancarkan Invasi Darat ke Jalur Gaza

Minggu, 05 Mei 2019 - 17:08 WIB
Israel Bersiap Lancarkan Invasi Darat ke Jalur Gaza
Satu brigade kendaraan lapis baja Israel disebut siap melancarkan invasi darat ke Jalur Gaza. Foto/Ilustrasi
A A A
GAZA - Satu brigade kendaraan lapis baja Israel, disiagakan untuk melancarkan invasi ke Jalur Gaza. Tindakan itu diambil, sebagai respon terhadap tindakan gerilyawan.

Sebelumnya, para gerilyawan yang wilayahnya telah terkepung, menembakkan lebih dari 450 roket ke wilayah Israel selama 24 jam terakhir.

Seorang lelaki berusia akhir 50-an tewas di kota Ashkelon, di selatan oleh tembakan roket di tengah gejolak pertempuran lintas perbatasan semalam. Dia adalah warga sipil Israel pertama yang terbunuh sejak perang 2014, kata Pasukan Pertahanan Israel.

Sementara itu, Kementerian kesehatan Gaza mengatakan tujuh warga Palestina telah terbunuh dan 47 orang lain terluka akibat serangan Israel, termasuk seorang wanita hamil dan seorang bayi berusia satu tahun.

Laporan itu dibenarkan oleh juru bicara tentara Israel, Letnan Kolonel Jonathan Conricus. Namun Conricus mengklaim intelijen negaranya menemukan fakta bahwa wanita hamil dan bayinya terbunuh secara tidak sengaja oleh tembakan roket Gaza.

Ia menambahkan bahwa angkatan bersenjata Israel telah menyerang 220 sasaran berbeda di seluruh Jalur Gaza sebagai pembalasan atas tembakan roket seperti dikutip dari Independent, Minggu (5/5/2019).

Militan Gaza telah menembakkan lebih dari 400 roket ke Israel dalam dua hari terakhir dalam salah satu konflik paling intens dalam beberapa tahun, yang menghancurkan masa jeda selama sebulan.

Sistem pertahanan Iron Dome Israel berhasil mencegat puluhan proyektil tetapi empat orang Israel terluka, termasuk seorang lelaki tua yang dalam kondisi kritis.

Israel telah membalas dengan puluhan serangan udara terhadap situs-situs militan Hamas di Gaza. Enam warga Palestina, termasuk seorang ibu hamil dan bayinya, tewas akibat serangan itu.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.4430 seconds (0.1#10.140)