Angkutan Lebaran, Ditjen Hubud Kemenhub Buka Posko di 36 Bandara

Kamis, 09 Mei 2019 - 05:45 WIB
Angkutan Lebaran, Ditjen Hubud Kemenhub Buka Posko di 36 Bandara
Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Polana Pramesti. Foto/Dok.Kemenhub
A A A
JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan akan menyiapkan posko Lebaran di 29 bandara domestik dan 7 bandara internasional selama periode angkutan Lebaran (mudik dan balik) 2019.

Posko tersebut akan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan pertolongan saat melakukan perjalanan mudik dan balik dengan pesawat udara.

"Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan fokus pada tiga aspek dalam persiapan Operasi Angkutan Lebaran 2019. Ketiga aspek tersebut keselamatan, keamanan, dan pelayanan. Dan kami siap memberikan pelayanan prima kepada para pemudik," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana Banguningsih Pramesti di Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Langkah-langkah yang ditempuh Ditjen Hubud dalam memastikan kesiapan Angkutan Lebaran 2019 salah satunya melakukan ramp check rutin prasarana dan sarana penunjang operasional penerbangan dan bandara.

Polana memaparkan bahwa puncak arus mudik diprediksi terjadi pada 31 Mei 2019 atau H-5 Lebaran. Sementara puncak arus balik diprediksi terjadi pada 8-9 Juni 2019 atau H+2 Lebaran.

"Kami berharap seluruh stakeholder penerbangan dapat mempersiapkan diri dalam melayani penerbangan angkutan Lebaran, baik dari segi keselamatan, keamanan dan pelayanan selama proses penerbangan," jelas dia.

Ditjen Hubud telah mengidentifikasi beberapa hal yang perlu diantisipasi dalam angkutan Lebaran seperti misalnya gangguan keselamatan dan keamanan, tarif pesawat, bagasi berbayar, antisipasi cuaca ekstrem, kapasitas pesawat dan lonjakan penumpang, bahaya terorisme, penggunaan narkoba, hingga perubahan pola penerbangan.

Untuk mengantisipasi kendala-kendala di atas, Ditjen Hubud akan melakukan tahapan konsolidasi dan koordinasi yang dimulai dari lingkungan internal serta dilanjutkan dengan seluruh penyelenggara bandara, navigasi penerbangan dan maskapai serta pihak terkait lainnya. Hal tersebut untuk memfokuskan perhatian pada langkah antisipatif apabila ditemukan kendala saat pelaksanaan Angkutan Lebaran 2019.

Terkait dengan sarana pengangkutan, hingga Maret 2019 tercatat sebanyak 12 maskapai yang siap melayani angkutan udara dengan total armada mencapai 547 unit yang akan melayani berbagai rute.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8021 seconds (0.1#10.140)