Khofifah Terima Penghargaan Pembangunan Daerah dari Presiden Jokowi

Kamis, 09 Mei 2019 - 14:21 WIB
Khofifah Terima Penghargaan Pembangunan Daerah dari Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2019 berupa Piala dan Piagam Penghargaan pada kategori provinsi kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangn
A A A
SURABAYA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) mendapat pengakuan dari pemerintah pusat atas keberhasilannya mendorong pembangunan daerah di seluruh wilayahnya.

Atas keberhasilannya itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2019 berupa Piala dan Piagam Penghargaan pada kategori provinsi kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) yang digelar di Hotel Shangri-La Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Selain Jatim, Presiden Jokowi juga menyerahkan kepada Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi
Sumatera Selatan. Diterimanya penghargaan tersebut, karena Provinsi Jatim dinilai Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengembangkan sinergitas antar sektor antar wilayah dalam tematik pengembangan kawasan argopolitan ataupun minapolitan.

Penilaian terdiri dari perencanaan utamanya pada tahun 2018 dan implementasinya pada kinerja di tahun yang sama. Pada sisi yang lain, fokus utama dari penilaian tersebut yakni lebih kepada inovasi yang dimunculkan serta berkontribusi dalam realisasi kinerja.

“Terdapat lima indikator kinerja yang dinilai melebihi dari target yang ditetapkan dalam rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) 2018,” kata Khofifah.

Orang nomor satu di Jatim ini menjelaskan, kelima indikator tersebut antara lain, laju pertumbuhan ekonomi, penurunan kemiskinan, penurunan tingkat pengangguran terbuka, penurunan disparitas serta penurunan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Capaian tersebut dinilai oleh Tim PPD yang terdiri dari Bapenas, Kemendagri dan tim penilai independen dari Perguruan Tinggi pengamat, hingga tokoh masyarakat. Sehingga Jatim dinilai layak mendapatkan PPD Tingkat Provinsi Tahun 2019,” kata dia.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi mengatakan, Indonesia memiliki peluang besar menjadi negara dengan ekonomi terkuat nomor lima di dunia. Bahkan, ekonomi Indonesia bisa menjadi nomor empat pada 2045. Asalkan, setiap kementerian maupun lembaga serta daerah memiliki kemauan untuk berbenah.

“Banyak tantangan yang harus diselesaikan dan dihadapi. Jangan dipikir kita biasa-biasa saja, tanpa kerja keras kemudian masuk ke 4 besar, ke 5 besar ekonomi terkuat,” kata dia.

Presiden meminta kepada daerah, jika ingin maju dan menjadi negara nomor 5 dunia harus
mampu fokus pada pengembangan pada sektor infrastruktur. Tugas dari pemerintah pusat adalah menyiapkan infrastruktur, salah satunya jalan tol. Maka, daerah harus segera menyesuaikan dengan membangun kawasan-kawasan atau jalan-jalan di daerah yang mendukung terciptanya peningkatan ekonomi di daerah.

“Saya minta gubernur, bupati dan wali kota dapat mengoptimalkan infrastruktur baik jalan tol, pelabuhan dan bandara,” kata Jokowi.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.0163 seconds (0.1#10.140)