Ratusan KPPS Meninggal, KNPI Imbau Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Jum'at, 10 Mei 2019 - 04:50 WIB
Ratusan KPPS Meninggal, KNPI Imbau Kibarkan Bendera Setengah Tiang
Ilustrasi pengibaran bendera setengan tiang. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Haris Pertama untuk memasang bendera setengah tiang atas meninggalnya 500 lebih petugas KPPS di pileg/pilpres 2019.

Imbauan ini ditujukan kepada seluruh Pengurus KNPI Se-Indonesia dan masyarakat Indonesia

"Saya imbau untuk memasang bendera setengah tiang sebagai bentuk duka nasional atas meninggalnya Petugas KPPS yang mencapai 500 lebih," Kata Haris dalam keterangan persnya, Kamis (9/5/2019).

Haris mengatakan, pemasangan bendera dimulai dari besok sampai tanggal 22 Mei 2019. Berlaku wajib untuk seluruh Pengurus DPP KNPI, Pengurus DPD KNPI Provinsi, DPD KNPI Kabupaten/Kota diseluruh Indonesia.

"Ini bentuk duka nasional atas meninggalnya Petugas KPPS. Dan KNPI menobatkan mereka sebagai pahlawan demokrasi. Dan dalam waktu dekat akan mengunjungi keluarga korban," kata dia.

Haris menilai banyaknya petugas KPPS yang meninggal dalam pemilu kali ini harus ada evaluasi menyeluruh jika diperlukan harus ada tim investigasi atas meninggalnya Petugas KPPS.

"Harus ada evaluasi, jika perlu direvisi pemilu serentak ini. Ini harus menjadi pembelajaran serius bagi penyelenggara pemilu," kata dia.

Diketahui, sedikitnya 554 petugas penyelenggara pemilu meninggal dunia selama gelaran Pemilu 2019. Jumlah tersebut terdiri atas anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panwaslu, dan Polri.

Informasi itu dinyatakan oleh KPU pada Sabtu lalu (4/5). Dari jumlah sementara, 440 anggota KPPS meninggal dunia, ditambah 3.788 anggota KPPS yang sakit.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8968 seconds (0.1#10.140)