Perlancar Arus Mudik Merak, Truk Dialihkan Lewat Tanjung Priok

Sabtu, 11 Mei 2019 - 16:12 WIB
Perlancar Arus Mudik Merak, Truk Dialihkan Lewat Tanjung Priok
Untuk memperlancar Arus Mudik di Pelabuhan Merak, Truk Dialihkan Lewat Tanjung Priok. Foto/Dok SINDOnews
A A A
CILEGON - Untuk memperlancar arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten, truk-truk besar dialihkan ke Pelabuhan Tanjung Priok.

"Kami akan meningkatkan kapal-kapal dari priuk menuju panjang dan di sana kemungkinan kami akan mendapat bantuan dari TNI AL. Saya tadi telpon Panglima, mudah-mudahan nanti TNI AL bisa membantu. Jadi, truk tertentu tidak usah lewat sini (Merak), langsung dari Tanjung priok," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (11/5/2019).

Selain itu, upaya lainnya yakni menggunakan pelabuhan yang ada di sekitar Pelabuhan Merak. Seperti pelabuhan Bojonegara dan mengupayakan pengoperasian kapal dengan kapasitas lebih besar dan lebih cepat.

Menhub juga meminta agar mengoptimalkan penjualan tiket online dan memberikan insentif bagi pemudik yang tidak berangkat di jam-jam puncak.

"Mayarakat bisa memesan (tiket) online dengan memesan online itu memudahkan kita memprediksi jam puncak itu ada dimana. Pengalaman tahun lalu penjualan online belum efektif, harus ditingkatkan lagi campaignnya," kata Budi.

Menhub pun menerima masukan dari Basarnas agar PT ASDP dan operator kapal menambah jumlah pelampung pengamanan di dalam kapal yang beroprasi di penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheuni.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8874 seconds (0.1#10.140)