Kuba Krisis, Bahan Makanan Pokok Dijatah

Minggu, 12 Mei 2019 - 06:33 WIB
Kuba Krisis, Bahan Makanan Pokok Dijatah
Penjatahan beberapa produk telah dimulai di beberapa bagian Kuba. Foto/Istimewa
A A A
HAVANA - Kuba mengumumkan penjatahan makanan pokok dan produk-produk higienis karena krisis, kekurangan barang-barang kebutuhan pokok.

Pengetatan embargo perdagangan yang diberlakukan oleh Amerika Serikat (AS) disebut menjadi penyebabnya.

Dihadapkan dengan krisis ekonomi yang parah, pemerintah Kuba mengatakan akan mengendalikan dan menjatah penjualan ayam, telur, beras, kacang-kacangan, sabun dan barang-barang penting lainnya.

Menteri Perdagangan Betsy Diaz mengatakan kepada kantor berita pemerintah bahwa berbagai bentuk penjatahan akan digunakan untuk mengatasi kekurangan tersebut.

"Misi kami adalah mematahkan semua tindakan yang diberlakukan pemerintah AS, dan hari ini kami menetapkan prioritas," kata Diaz pada siaran berita yang dikelola pemerintah.

"Kami menyerukan untuk tetap tenang," kata Diaz, seraya menambahkan bahwa warga Kuba harus diyakinkan bahwa setidaknya minyak goreng akan tersedia dalam jumlah yang cukup.

"Ini bukan produk yang akan absen dari pasar dengan cara apa pun," kata dia seperti dikutip dari Al Jazeera, Minggu (12/5/2019).

Kuba, rumah bagi hampir 11 juta orang, mengimpor sekitar dua pertiga dari makanannya dengan biaya tahunan lebih dari USD2 miliar dan kekurangan singkat dari produk-produk individual sudah umum selama bertahun-tahun.

Sejumlah reformasi pertanian dalam beberapa tahun terakhir telah gagal untuk meningkatkan output dalam ekonomi yang tidak efisien, yang direncanakan secara terpusat, yang juga menderita embargo perdagangan AS yang telah berlangsung beberapa dekade.

Tetapi penurunan bantuan dari sekutu utama Venezuela dan ekspor yang lebih rendah telah membuat negara itu berjuang untuk menemukan uang tunai untuk diimpor. Lebih banyak sanksi AS sejak Donald Trump menjadi presiden telah memperburuk krisis likuiditasnya.

Rak-rak toko di pulau terbesar di Karibia akhir-akhir ini semakin kosong dengan kelangkaan produk-produk dasar seperti telur, tepung dan ayam, serta antrian panjang selama berjam-jam setiap kali mereka datang untuk menyetok ulang.

Kuba telah membanjiri media sosial dengan foto-foto dari antrean mereka, di bawah tagar #lacolachallenge (tantangan antrian) untuk menyoroti masalah tersebut.

Banyak pembeli menemukan diri mereka masih berdiri dalam antrean ketika produk habis. Pemerintah telah menyalahkan "penimbun" atas kejadian ini.

Penjatahan produk-produk tertentu telah dimulai di banyak tempat di negara ini, dengan toko-toko membatasi jumlah barang seperti botol minyak goreng yang dapat dibeli oleh seorang pembelanja.

Toko makanan di Kuba dikelola oleh pemerintah dan menjual produk-produk mulai dari yang sangat disubsidi hingga terlalu mahal menurut standar global.

Negara Komunis itu memperkenalkan serangkaian reformasi sekitar satu dekade yang lalu dengan harapan membuka dan meningkatkan ekonomi, yang merupakan salah satu ekonomi komando gaya Soviet terakhir di dunia.

Namun, dorongan reformasi itu telah meruncing dalam beberapa tahun terakhir sebagian karena ketidakpuasan dengan beberapa konsekuensinya seperti meningkatnya meskipun masih ketidaksetaraan yang rendah dan kurang kontrol negara.

Langkah pada hari Jumat merupakan kemunduran untuk salah satu reformasi yang diusulkan, untuk mengakhiri sistem penjatahan universal, diperkenalkan tepat setelah revolusi 1959.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3922 seconds (0.1#10.140)