alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

5 Kebiasaan Penyebab Munculnya Jerawat Membandel, Apa Itu?

Alviana Harmayani Masrifah
5 Kebiasaan Penyebab Munculnya Jerawat Membandel, Apa Itu?
Perawatan kulit wajah yang baik dan rutin diyakini bisa menghilangkan jerawat.Foto/ist

JAKARTA - Perawatan kulit wajah yang baik dan rutin diyakini bisa menghilangkan jerawat. Meskipun Anda rutin merawat kulit wajah dengan baik dan benar, terkadang jerawat masih tumbuh di sana. Apa penyebabnya?

Penyebabnya bukan produk perawatan kulit yang Anda pakai, tapi gaya hidup Anda. Menurut TNN, meskipun Anda sudah merawat kulit wajah Anda dengan benar, ada beberapa hal yang bisa memicu jerawat tetap muncul di wajah Anda. Setidaknya ada 5 kebiasaan yang bisa memicu munculnya jerawat membandel tersebut.

1. Smartphone
Salah satu benda yang kita sentuh lebih dari yang lain adalah smartphone. Padahal, benda ini mengandung jumlah maksimal bakteri dari benda lain yang kita bawa. Menyentuh telepon seluler (ponsel) Anda dan menempelkannya di wajah bisa menyebabkan jerawat. Untuk menghindari ini, bersihkan ponsel Anda dengan solusi antibakteri. Anda juga bisa menggunakan earphone untuk menghindari menempelkan ponsel ke wajah Anda.



2. Kuas makeup
Kalau Anda melakukan rutinitas makeup harian dengan menggunakan kuas, maka Anda harus membersihkannya secara reguler. Bahkan, meskipun Anda hanya menggunakan satu buah kuas, benda itu bisa mengandung bakteri, debu dan minyak. Kalian bisa mencucinya secara rutin sepekan sekali dan sementara Anda memakainya pada pagi hari, pakailah tisu pengilang makeup untuk membersihkannya setiap hari.

3. Produk perawatan rambut
Jika Anda menggunakan banyak produk styling rambut, maka Anda perlu hati-hati saat menggunakannya. Mau itu sampo kering atau hairspray, produk itu bisa menetes ke kulit Anda dan ini bisa menyebabkan jerawat. Jadi, ketika Anda mengaplikasikan produk seperti itu, tutuplah wajah dan leher Anda.

4. Tangan
Apakah Anda banyak menyentuh wajah Anda? Kebiasaan ini adalah salah satu alasan mengapa jerawat tumbuh di muka Anda. Dari menyentuh keyboard hingga daun pintu, tangan Anda membawa banyak bakteri. Batasi kontak dengan wajah Anda dan cuci tangan Anda secara rutin.

5. Sarung bantal
Sarung bantal bisa menampung keringat, debu dan minyak. Semua bakteri itu bisa bersentuhan dengan kulit Anda. Dan, ini bisa menyebabkan jerawat. Pastikan mengganti sarung bantal Anda sekali dalam sepekan untuk menjaga kulit Anda lebih bersih.



(msd)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif