Singkawang Jadi Kota Paling Toleransi, Kapolda Kalbar Bangga

Senin, 13 Mei 2019 - 06:04 WIB
Singkawang Jadi Kota Paling Toleransi, Kapolda Kalbar Bangga
Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Didi Haryono dalam tausyiah silahturahmi Ramadhan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat di Aula Kantor Wali Kota Singkawang, Minggu (12/5/2019). Foto/SINDOnews/Gusti Eddy.
A A A
SINGKAWANG - Kapolda Kalimantan Barat (Kalbar) Irjen Pol Didi Haryono mengaku bangga Kota Singkawang terpilih menjadi paling toleransi se-Indonesia.

Menurut Kapolda, Merawat dan memelihara keberagaman di Kalimantan Barat butuh semua pihak terlibat. Karena, hal itu juga akan menopang kedamaian dan ketenteraman di Bumi Khatulistiwa ini.

Kapolda mengucapkan terima kasih kepada warga Kota Singkawang. Pasalnya telah melaksanakan tiga agenda besar yaitu pilkada serentak, proses penilaian terhadap antar provinsi dalam berkinerja mengelola kerukunan umat beragama, dan Pilpres dan Pileg 2019.

"Alhamdulillah ketiga agenda nasional dan tingkat provinsi semuanya berjalan aman, lancar, sukses dan elegan. Termasuk di Kota Singkawang ini semua tetap melaksanakannya dengan lancar dan sukses,” ujarnya dalam tausyiah silahturahmi Ramadhan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat di Aula Kantor Wali Kota Singkawang, yang dihadiri oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji dan Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie dan jajarannya, Minggu (12/5/2019).

Didi Haryono mengaku bangga sekali dengan kota kelahirannya di Kota Singkawang. “Saya bangga sekali, lahir dan besar di Kota Singkawang ini. Kota Singkawang saat ini menjadi kota tertoleransi se-Indonesia. Disusul Salatiga di Jawa Tengah dan Pemantang Siantar di Sumatera Utara,” tutur jenderal bintang dua ini.

Pada tahun 2018/2019 ini Kalbar benar-benar unggul di beberapa aspek. Terutama dalam mengelola kerukunan umat beragama. “Ini semua tidak gampang, tidak datang begitu saja. ini semua memerlukan kerja keras, kerja sama yang bersinergi dari kita semua, hasilnya dapat kita rasakan,” kata Kapolda.

Semua rangkaian dari Pilkada 6 Wilayah dan 10 tahapan Pilpres dan Pileg semua dapat dilaksanakan dengan aman, damai, lancar. “Inilah ciri atau karakter dari seluruh warga Kalbar. Lebih khusus Kota Singkawang ini yang mampu untuk mengelola wilayahnya dengan hidup saling menghargai, saling menghormati dan saling bertoleransi. Ini tidak gampang, tidak seperti membalikkan telapak tangan, kita ini harus besama-sama. Tentunya leadership dari unsur-unsur pimpinan dengan yang dipimpin harus benar benar dapat terjalin dengan sinergis,” jelas Didi.

Menurut dia, di bulan suci Ramadhan 2019 ini banyak berkah, banyak rahmat dari Allah SWT yang akan melimpah. Manakala kita benar-benar dapat mengikuti ibadah ini dengan hikmat, saling menghargai dan saling bertoleransi.

"Kuncinya bagaimana kesadaran kita dalam kita mengelola, kita mendisiplinkan diri. Semua yang kita kerjakan di bulan suci Ramadhan 2019 ini selalu dicatat. Insya Allah semuanya yang ada hadir di sini mendapat catatan yang baik dari Allah SWT dan pahala yang berlimpah-limpah,” kata Didi.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Barat H Sutarmidji menyebut soal berbagai pembangunan yang sedang berlangsung di daerah ini, baik yang bersumber dari daerah maupun dari pusat. Mulai pembangunan pelabuhan internasional di Kijing Kabupaten Mempawah, pembangunan jembatan Sungai Sambas dan beberapa pembangunan lainnya.

"Mari kita ikut serta mengawasi dan merawatnya. Karena, dengan begitu segala pembangunan dapat berjalan sesuai perencanaan," ujar dia.
Mantan Wali Kota Pontianak itu berharap, pemerintah kabupaten/kota ikut terlibat mempersiapkan dan melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang siap pakai dalam memenuhi kebutuhan investor yang menanamkan usahanya di Kalbar, sehingga bisa diisi oleh masyarakat kita yang terampil dan siap kerja.

Dia juga mengajak pemerintah kabupaten/kota melakukan efisiensi anggaran, seperti efisiensi anggaran perjalanan dinas untuk dialihkan pada beasiswa bagi pendidikan sebagaimana dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kalbar.

Kegiatan diakhiri penyerahan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalbar dan Bank Kalbar yang diserahkan langsung oleh Gubernur dan Kapolda kepada Pemkot Singkawang, LSM dan tiga rumah ibadah di Kota Singkawang.

Sebagai informasi di awal acara, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie selaku tuan rumah memberikan kata sambutan membuka Safari Ramadhan Pemprov Kalbar dan pelepasan tim safari Ramadhan Pemkot Singkawang Tahun 2019 oleh Gubernur Kalbar.

Selepas Safari Ramadhan, kegiatan dilanjutkan Tarawih bersama di Masjid Raya Singkawang, dilanjutkan meninjau pameran Ramadhan Fair Kota singkawang yang berlokasi di mess daerah. Nampak hadir juga Kombes Pol Andi Musa, Irwasda Polda Kalbar AKBP; Donny Charles Go, Kabid Humas Polda Kalbar dan AKBP Raymond Marcellino Masengi, Kapolres Singkawang serta Forkopimda Kota Singkawang.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0166 seconds (0.1#10.140)