Bangun Kampung Arema, Sutiaji Libatkan Semua Pihak

Rabu, 15 Mei 2019 - 07:24 WIB
Bangun Kampung Arema, Sutiaji Libatkan Semua Pihak
Wali Kota Malang, Sutiaji menggelar diskusi untuk membangun Kampung Arema di Kelurahan Tasikmadu. Foto/Ist.
A A A
MALANG - Wali Kota Malang, Sutiaji terus mendorong hadirnya inovasi di kampung-kapung. Salah satunya, Kampung Arema yang ada di wilayah Kelurahan Tasikmadu.

"Kampung Arema ini diharapkan akan menjadi kampung tematik yang berbeda dari kampung tematik lainnya. Bukan hanya dari segi bangunan rumahnya, namun juga adat istiadat yang ada di sana semua akan memunculkan khas malangannya," ujarnya.

Untuk menyiapkan hal itu, Sutiaji mengundang penulis buku Malang Tempo Doeloe, Dukut Imam Widodo bersama timnya, untuk memaparkan ide-ide nya dalam membangun Kampung Arema.

Menurut Sutiaji, Kampung Arema diharapkan akan mampu menarik wisatawan yang masuk ke Kota Malang, untuk datang berkunjung sekaligus mengenal lebih jauh budaya dan karakteristik Arek-arek Malang.

"Mulai dari ciri khas bangunannya yang terkenal dengan limasan, makanan tradisionalnya, keseniannya sampai dengan bahasa walikan yang sudah membudaya sejak dulu di kalangan kera-kera ngalam (Arek-arek Malang)," tambahnya.

Sementara itu, Dukut Imam Widodo menyatakan kesanggupannya untuk turut serta membangun Kota Malang, dalam rangka melestarikan kebudayaan yang ada. "Hal ini sebagai wujud Corporate Heritage Responsibility yang akan kami persembahkan bagi Kota Malang," tuturnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.5377 seconds (0.1#10.140)