Jet Tempur Siluman Marinir AS Rusak, Gara-gara Tabrak Burung

Rabu, 15 Mei 2019 - 07:42 WIB
Jet Tempur Siluman Marinir AS Rusak, Gara-gara Tabrak Burung
Pesawat jet tempur siluman F-35B Korps Marinir Amerika Serikat. Foto/Korps Marinir AS/Carlos Jimenez
A A A
TOKYO - Gara-gara menabrak burung setelah lepas landas, jet tempur siluman Amerika Serikat (AS) menderita kerusakan senilai USD2 juta atau lebih dari Rp28 miliar.

Kejadian ini, berlangsung di landasan pacu Iwakuni, Jepang. Akibat kejadian tersebut, seorang pilot pesawat F-35B Joint Strike Fighter AS membatalkan untuk terbang.

Menurut data Pusat Keamanan Angkatan Laut. pesawat yang ditugaskan untuk Skuadron Serangan Tempur Marinir 121 menabrak seekor burung pada 7 Mei.

Juru bicara Pesawat Marinir Sayap 1, Mayor Eric Flanagan, pilot aman dalam insiden tersebut. Jet tempur yang terkenal mahal itu batal mengudara dan tidak ada korban cedera.

Flanagan mengatakan investigasi keselamatan dan penilaian kerusakan sedang berlangsung. "Penilaian awal memperkirakan kerusakan pada pesawat melebihi ambang USD2 juta, mengklasifikasikannya sebagai kecelakaan Kelas A," katanya, seperti dikutip Military.com, Rabu (15/5/2019).

Serangan burung tidak jarang terjadi pada pilot pesawat militer maupun pesawat sipil. Bulan lalu, jet Angkatan Udara AS, F-16 Fighting Falcon, menabrak seekor burung ketika mendarat di Pangkalan Angkatan Udara Holloman di New Mexico.

Insiden itu dilaporkan oleh Task and Purpose setelah sebuah foto kejadian tersebut muncul di akun media sosial Angkatan Udara.

Seorang juru bicara Angkatan Udara mengatakan burung yang terlibat dalam serangan itu adalah Hawk Swainson, yang dapat tumbuh hingga sekitar 2 kaki.

"Ketika terjadi serangan burung, sisa-sisa (bangkai burung) dikirim ke Smithsonian di mana mereka mengklasifikasikan burung itu dan menentukan bagaimana burung itu ditabrak," kata Letnan 2 Jasmine Manning mengatakan kepada Task and Purpose.

Setidaknya ini adalah kecelakaan ketiga untuk Korps Marinir F-35. Pada bulan September, sebuah F-35B Korps Marinir AS jatuh di South Carolina. Pilot dapat mengeluarkan dan dirawat di fasilitas medis setempat. Dan pada tahun 2016, F-35B lain terbakar di tengah jalan karena bracket yang cacat. Pilot itu mendaratkan pesawat dengan aman.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6403 seconds (0.1#10.140)