Kurangi Berobat ke Luar Negeri, RSUA Jalani Akreditasi Internasional

Rabu, 15 Mei 2019 - 14:10 WIB
Kurangi Berobat ke Luar Negeri, RSUA Jalani Akreditasi Internasional
Tim akreditasi internasional datang ke Rumah Sakit Universitas Airlangga.Foto/SINDONews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Dalam satu dekade terakhir ini tren berobat ke luar negeri cukup tinggi. Untuk memperbaiki pelayanan, beberapa rumah sakit di Indonesia mulai menjalani akreditasi internasional.

Sebanyak delapan surveyor dari lembaga akreditasi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) datang ke Rumah Sakit Pendidikan Universitas Airlangga (RSUA). Dalam beberapa hari ke depan, para surveyor ini akan melakukan penilaian akreditasi internasional yang telah diajukan oleh RSUA.

Direktur RSUA Prof. Dr. Nasronudin, dr., Sp.PD., K-PTI.FINASIM menuturkan, saat ini pihaknya sedang berusaha untuk bisa menyesuaikan dengan visi dan misi Unair. Salah satunya menjadikan rumah sakit berstandart internasional dalam hal pelayanan, pendidikan, dan penelitian.

Bahkan, pihaknya saat ini mendorong RSUA untuk dapat terus maju dan berkembang. Dengan pengajuan akreditasi internasional ini, harapannya, ke depan masyarakat Indonesia cukup berobat dalam negeri dan tidak harus ke luar negeri.

“Cukup berobat di Indonesia saja. Selain membawa kepercayaan diri, memenuhi, dan memberikan pelayanan yang baik, juga pasti lebih murah, lebih efisien,” kata Prof Nasron, Rabu (15/5/2019).

Ia melajutkan, pihaknya memercayakan Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) sebagai badan akreditasi dalam negeri bukan tanpa alasan. Sebab, masyarakat yang berobat juga mayoritas masyarakat Indonesia.

Prof Nasron juga menjelaskan, jika RS sudah berstandar internasional akan didorong untuk bisa mencapai national and global tourism. Artinya, masyarakat luar negeri yang rata-rata berkunjung ke Indonesia 2,5 juta lebih dalam satu tahun, akan berobat ke RSUA jika membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Kami juga ingin menjadi daya dongkrak yang bagus untuk institusi induk kita, Unair. Sehingga ini menjadi kerbanggaan dengan menunjukkan mutu tinggi dan berkualitas bagus,” ucapnya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0649 seconds (0.1#10.140)