Selama Puasa Ramadhan, Persediaan Darah Donor Masih Aman

Kamis, 16 Mei 2019 - 00:05 WIB
Selama Puasa Ramadhan, Persediaan Darah Donor Masih Aman
Persediaan darah selama bulan Ramadhan, dan jelang lebaran di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Malang, masih aman. Foto/Ist.
A A A
MALANG - Memasuki bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Malang memastikan persediaan darah donor aman.

Bahkan, persediaan darah donor tersebut mencukupi untuk memenuhi permintaan masyarakat hingga tujuh hari setelah perayaan lebaran.

Menurut Kepala UTD PMI Kota Malang, Enny Sekar Rengganingati, saat ini jumlah darah donor yang tersedia adalah sebanyak 1.870 kantong.

"Untuk memenuhi kebutuhan darah di Malang Raya hingga tujuh hari setelah lebaran nanti, kami menargetkan agar minimal satu hari ada 70 kantong darah donor yang masuk ke PMI," ujarnya.

"Memang di awal puasa, jumlah pendonor cenderung menurun. Namun, hal tersebut tidak berlangsung lama, karena saat ini jumlah pendonor sudah semakin meningkat dari hari ke hari," tambah mantan Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang tersebut.

Sebagai bentuk apresiasi PMI Kota Malang, kepada warga yang sudah mendonorkan darahnya, selama bulan suci Ramadhan ini PMI Kota Malang memberikan beras lima kilogram.

Enny juga menjelaskan, selama bulan puasa ini, pihaknya memberikan pelayanan maksimal bagi para pendonor hingga pukul 21.30 WIB.

Sementara itu, di tempat terpisah, Wali Kota Malang, Sutiaji juga menyampaikan harapannya kepada masyarakat agar tetap melakukan donor darah meski sedang berpuasa, sebagai wujud kepedulian terhadap sesama.

"Justru selama bulan penuh berkah ini kita dapat berlomba-lomba mencari pahala, salah satunya adalah dengan tetap mendonorkan darah kita untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan," tandasnya.

PMI Kota Malang, lanjut Sutiaji harus terus berupaya untuk meningkatkan jumlah pendonor terutama selama bulan puasa ini, kalau perlu dilakukan program jemput bola untuk menambah pendonor.

Berdasarkan data yang ada, terhitung sampai dengan hari Rabu (15/5/2019) jumlah darah utuh atau lengkap sebanyak 700 kantong, sel darah merah pekat sebanyak 897 kantong, trombosit sebanyak 78 kantong, plasma segar beku sebanyak 91 kantong, dan Anti Hemofili Faktor sebanyak 104 kantong.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5705 seconds (0.1#10.140)