Jelang Armada Jaya 2019, Prajurit Yonmarhanlan V Giat Latihan

Kamis, 16 Mei 2019 - 15:00 WIB
Jelang Armada Jaya 2019, Prajurit Yonmarhanlan V Giat Latihan
Prajurit Yonmarhanlan V Surabaya melakukan latihan untuk menyambut Hari Armada Jaya 2019.Foto/ist
A A A
SURABAYA - Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) V Surabaya giat latihan pertahanan Pangkalan 2019 di wilayah DBAL (Daerah Basis Angkatan Laut) Jalan Hang tuah Surabaya, Kamis (16/05/2019).

Menurut Komandan Yonmarhanlan V Surabaya Letkol Marinir Endrawan Rahmania, M.Tr.Hanla, latihan pertahanan pangkalan tersebut diadakan untuk mendukung latihan Armada Jaya tahun 2019.

Selain itu juga mempertahankan pertahanan di daerah pangkalan dimana Koarmada sebagai daerah pertahanan. "Selain itu latihan ini juga untuk mengasah kesiapsiagaan dan kewaspadaan setiap prajurit guna mengantisipasi setiap ancaman," kata Endrawan selaku perwira penanggung jawab latihan.

Latihan ini digelar dua hari di wilayah DBAL (Daerah Basis Angkatan Laut). Materinya meliputi PHH dan latihan serangan bahaya udara. Kegiatan ini melibatkan personel dari Yonmarhanlan V, Mako Lantamal V, Diskes Lantamal V, Pomal Lantamal V, Team Intel Lantamal V, Satroltas Lantamal V dan tim kebakaran Mako Lantamal V.

Skenario latihan, berdasarkan laporan informasi dari Mako Koarmada II telah terdeteksi kontak udara 01 pesawat tempur musuh dari jarak jauh kecepatan tinggi, ketinggian sedang, diduga akan melakukan penyerangan ke Mako Koarmada II.

Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto,S.sos.MSi memerintahkan seluruh prajurit untuk bergerak cepat mengantisipasi serangan bahaya udara.

Setelah mendapat perintah tersebut Danyonmarhanlan V Letkol Marinir Endrawan Rahmania M.Tr Hanla menggerakkan pasukan terutama Baterai Artileri dengan menggunakan Material Tempur Meriam 37 MM di bawah pimpinan Danrai Kapten Mar Wiyono dengan cepat bergerak ke tempat yang sudah ditentukan koordinatnya untuk membantu Koarmada II dalam rangka menghalau serangan udara musuh.

Satu pesawat tempur musuh berhasil ditembak jatuh oleh Prajurit Baterai Artileri Yonmarhanlan V lalu dilaksanakan peran bahaya kebakaran oleh prajurit Mako Lantamal V. Terdapat personel anggota yang menjadi korban luka bakar. Selanjutnya dilakukan tindakan pertama oleh Diskes Lantamal V untuk selanjutnya dievakuasi ke RSAL Dr.Ramelan Surabaya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3067 seconds (0.1#10.140)