PLN Tawarkan Beasiswa Ikatan Dinas pada Mahasiswa ITS

Jum'at, 17 Mei 2019 - 21:00 WIB
PLN Tawarkan Beasiswa Ikatan Dinas pada Mahasiswa ITS
PLN mengajak mahasiswa ITS untuk ikut beasiswa ikatan dinas yang nantinya bisa ikut bekerja secara langsung setelah lulus.Foto/SINDONews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengajak mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk ikut serta dalam menghadapi tantangan industri kelistrikan nasional yang meningkat setiap tahun. Ajakan itu disampaikan pada kuliah tamu, Jumat (17/5/2019).

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS, Prof Dr Ir Heru Setyawan MEng menuturkan, ketika mengamati perkembangan saat ini, listrik sudah menjadi kebutuhan pokok dalam segala aspek.

Ketika dunia industri beralih dari mesin uap ke digital, tentunya menambah kebutuhan listrik yang semakin melonjak. Apalagi rentang waktu peralihan industri tersebut begitu cepat.

"Ini yang jadi dasar bagi PLN untuk meletakkan kepercayaannya kepada kemampuan mahasiswa ITS untuk ikut bergabung bersama sejak sebelum lulus kuliah," kata Heru.

Ia melanjutkan, nantinya beasiswa dapat diikuti oleh tiga departemen yang ada di ITS, yaitu Teknik Mesin, Teknik Industri, dan Teknik Elektro. Selanjutnya setelah lulus dari ITS nantinya, para penerima beasiswa ikatan dinas akan langsung ditempatkan untuk bekerja di PLN.

Menurut guru besar Teknik Kimia tersebut, beasiswa ini berupakan kesempatan yang baik bagi mahasiswa ITS. Sebab kuota yang diberikan oleh PLN juga sangat terbatas. “Hal tersebut tentunya akan memunculkan persaingan yang begitu ketat,” ungkapnya.

General Manager Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali 1 PT PLN (Persero), Djaro Hutabri Eko Budi Santoso mengatakan, listrik merupakan penggerak industri bagi negara. Pasalnya, kualitas dan kuantitas dari listrik sendiri juga akan sangat mempengaruhi investor untuk masuk.

PLN sendiri juga merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terbesar di antara perusahaan yang ada di Indonesia. “Oleh karena hal itu, PLN sangat menginginkan partisipasi dari teman-teman mahasiswa untuk bangsa ini,” ucapnya
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6562 seconds (0.1#10.140)