Olah Raga Saat Puasa, Simak Beberapa Hal Berikut

Jum'at, 17 Mei 2019 - 21:30 WIB
Olah Raga Saat Puasa, Simak Beberapa Hal Berikut
Berolahraga saat berpuasa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, ada beberapa catatan yang harus diperhatikan ketika berolahraga saat berpuasa.Foto/ist
A A A
JAKARTA - Puasa jangan menjadi penghalang untuk berolahraga. Justru berolahraga saat berpuasa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Di antaranya, pembakaran menjadi lebih cepat hingga pembentukan tubuh juga menjadi lebih cepat. Selain itu, olahraga saat berpuasa dapat membuat stamina tubuh akan meningkat dan lebih segar jika rutinitas olahraga tidak berhenti.

Namun, ada beberapa catatan yang harus diperhatikan ketika berolahraga saat berpuasa. Agar manfaat puasa tetap bisa didapat, berolahraga tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Khususnya bagi para pemula, tidak dianjurkan langsung melakukan olahraga yang lebih berat dari biasanya.

"Kalau bulan puasa mungkin lebih baik fitnes level masing-masing. Ada orang beginner dan nggak biasa olahraga dan puasa hajar olahraga nggak biasanya itu nggak direkomendasikan," kata seorang fitness trainer, Annisa Munaf.

Selanjutnya, perhatikan waktu olahraga. Menurut Annisa, olahraga bisa dilakukan saat pagi hari, namun pastikan memilih jenis olahraga ringan yang tidak membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat dan menyebabkan rasa haus. Hal ini mengingat waktu berbuka puasa masih sangat lama.

"Olahraga di pagi hari nggak apa-apa. Fine-fine aja. Tergantung sama olahraganya. Olahraga pagi dihajar sama yang bikin keringat karena selama puasa kan nggak minum, jadi olahraga yang light aja. Setelah olahraga baru dihajar buka puasa nggak apa-apa," ujar dia.

"Baiknya olahraga pas puasa, pas pagi atau sore hari sebelum berbuka atau setelah berbuka. Ini tergantung pada kemampuan masing-masing,” lanjutnya.

Senada dengan Annisa, dr. Suci Sutinah selaku Medical Advisor PT Bayer Indonesia mengungkapkan bahwa olahraga tetap dianjurkan bagi mereka yang sudah terbiasa berolahraga meski sedang berpuasa. Namun, tidak bagi mereka yang sebelumnya tidak pernah berolahraga dan ingin berolahraga saat puasa.

"Sebenarnya yang harus diperhatiin itu kemampuan kita sendiri. Cuma kita yang tau kemampuan kita kapan. Cuma satu pantangan bagi saya adalah kalau sebelumnya nggak pernah olahraga dan puasa mau olahraga itu nggak bisa. Tapi kalau sebelumnya udah biasa olahraga, harus olahraga," ujar dr. Suci.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1139 seconds (0.1#10.140)