Buka Sekolah Musik, SEC Siapkan Generasi Musisi Bersertifikasi

Sabtu, 18 Mei 2019 - 04:38 WIB
Buka Sekolah Musik, SEC Siapkan Generasi Musisi Bersertifikasi
Surabaya Entertainment Club (SEC) Music School menyiapkan generasi musisi handal dan bersetifikasi. Foto/SINDONews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Sertifikasi profesi saat ini mulai menjadi hal yang penting. Dengan mengantongi sertifikat dari sertifikasi profesi, maka pekerjaan yang digeluti oleh seseorang bisa mendapatkan pengakuan dari sekitar. Lantas bagaimana dengan sektor ekonomi kreatif, khususnya musisi?

Kepala sekolah Surabaya Entertainer Club (SEC) Music School, FX Boy menuturkan, meskipun saat ini sertifikasi tentang musisi masih dalam tahap penggodokan di parlemen, namun ke depan mau tidak mau setiap musisi harus mengantongi sertifikasi.

"Cepat atau lambat sertifikasi itu akan diterapkan," kata dia saat peresmian Surabaya Entertainer Club (SEC) Music School, di Pucang Anom Surabaya, Jumat (17/5/2019).
a
Sertifikasi musisi, kata FX Boy, sudah banyak diterapkan dibanyak negara di dunia. Hal itu semata-mata untuk perlindungan terhadap skill yang dimiliki seorang musisi. sertifikasi profesi bagi pemusik juga merupakan senjata untuk memenangkan persaingan.

"Sertifikasi sangat menguntungkan musisi lokal. Seperti di luar negeri misal, kalau ada konser besar datang ke sebuah kota, dia cukup bawa piano, terompet, Konduktor, mungkin sama satu dua musisi. Lainnya dari kota setempat, kecuali kota tersebut tidak punya baru boleh. Mereka tidak bisa memaksa bawa sendiri. Itu gunanya sertifikasi," tegasnya.

Dia menegaskan, jika sertifikasi itu sudah diterapkan maka suatu ketika sebuah klub tidak boleh nemerima musisi yang tidak punya sertifikasi. "Ini gunanya sekolah musik dan SEC hadir untuk mendukung itu," kata dia.

SEC Music School, lanjut dia, telah menyiapkan tim pengajar yang profesional dalam hal teori dan praktek, namun sebagian besar pengajar berasal dari SEC sendiri.

"SEC mendidik bukan cuma praktik tapi teori juga tersentuh," kata dia. Sekolah ini menerima siswa mulai umur 5 tahun.

Pembina SEC, Indah Kurnia menambahkan, SEC Music School membuka kelas untuk berbagai genre yang diminati oleh siswa yang akan bergabung. Bahkan sampai keroncongpun juga sediakan. Untuk tenaga pengajar sengaja banyak dari praktisi, supaya siswanya tidak hanya berteori.

"Tapi di sini kami meskipun praktisi bisa mentrasfer nowlage kami dalam bentuk teori. Jadi tidak spesialisasi disini, mau belajar nyanyi apapun, bahkan nylenehpun mungkin bisa muncul dari tempat ini," kata dia.

Menurut Indah, sekolah musik sangat penting karena dengan musik seseorang yang cerdas bisa semakin terasah. Hati dan pikirannya bisa seimbang, tidak hanya menggunakan pengetahuan tapi juga menggunakan art. "Itu akan lebih efektif menjadi seorang pemimpin," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, pimpinan dr Mik'n the Blues Project dr Ario Djatmiko mengatakan, masyarakat membutuhkan musik dan musik merupakan suatu keharusan didalam keluarga supaya hidup harmoni. Bahkan bagi seorang pemimpin juga harus paham harmoni.

"Satu-satunya media yang bisa mengajari tentang rasa adalah musik. Orang main musik itu dia ngerti jangan terlalu banter, bas harus begini, itu musik. Jadi tidak pernah ada seorang pemimpin yang baik kalau tidak ada rasa. Nah musik itu bukan soal teknik saja, tapi olah rasa yang lebih penting," kata dr Ario.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3199 seconds (0.1#10.140)