1.890 Calon ASN Kemenhub Ikuti Tes CAT di BKN

Sabtu, 18 Mei 2019 - 11:10 WIB
1.890 Calon ASN Kemenhub Ikuti Tes CAT di BKN
Sebanyak 1.890 calon Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenhub mengikuti tes CAT di BKN.Foto/ist
A A A
SURABAYA - 1.890 pendaftar program Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) 2019 di Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya mulai mengikuti tahapan tes seleksi. Para peserta ini sebelumnya dinyatakan lolos seleksi administrasi program pola pembibitan di Poltekbang.

Peserta yang lolos program ini akan langsung diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Sebelum menjadi ASN, mereka yang lolos tes keseluruhan akan mengikuti pendidikan jenjang diploma tiga (D3) di Poltekbang Surabaya. Khusus tahun ini, Kemenhub mematok kuota hanya 144 orang untuk pola pembibitan di Poltekbang.

Tes awal yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) di Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional II (BKN Kanreg II) Surabaya, Jalan Letjen S. Parman, Waru, Sidoarjo selama 5 hari (15-19 Mei 2019).

Direktur Poltekbang Surabaya Setiyo berharap dalam tahapan ini banyak peserta yang lolos. Karena masih ada sejumlah tahapan tes lainnya yang akan dijalani oleh para peserta.

“Tes ini ada passing gradenya masung-masing 85, 75 dan 143. Mereka harus memenuhi ketiga nilai minimal itu untuk bisa lolos. Jadi saat mengerjakan peserta jangan fokus hanya di satu soal, kerjakan yang bisa dulu dan jangan ada yang kosong. Tes harus memperhatikan waktu dan ini sudah standar BKN,” ujar Setiyo di Kantor BKN Kanreg II Surabaya seperti dalam keterangan yang diterima sindonews.

Tes SKD ini juga bisa langsung diketahui hasilnya. Sehingga para peserta yang telah selesai tes bisa melihat apakah lolos atau tidak. Bagi peserta yang lolos bisa melanjutkan tahapan tes lainnya nanti.

Ia menjelaskan tes selanjutnya adalah Tes Potensi Akademikyang akan digelar di Kampus Poltekbang, Jalan Jemur Andayani I No. 73 Surabaya.

Diketahui, Poltekbang siap menampung kuota sebanyak 144 peserta pola pembibitan untuk 6 kelas. Masing-masing 2 kelas D3 Teknik Listrik Bandara, 1 kelas D3 Manajemen Transportasi, 1kelas D3 Teknik Pesawat Udara dan 1 kelas D3 Komunikasi Penerbangan.

Pihaknya meyakini para peserta yang lolos tes adalah orang-orang pilihan yang bisa memenuhi standar kebutuhan ASN di Kemenhub.

“Mereka ini calon-calon kader ASN terbaik jika bisa memenuhi seluruh tahapan seleksi. Dengan soal standar BKN ini kita bisa mendapatkan calon SDM yang memenuhi kriteria untuk menjadi ASN. Harapannya peserta mampu mengikuti proses akdemiknya yang ada di sekolah nanti,” imbuhnya
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0488 seconds (0.1#10.140)