Densus 88 Amankan Jaringan JI Semarang di Perum GSP

Sabtu, 18 Mei 2019 - 15:31 WIB
Densus 88 Amankan Jaringan JI Semarang di Perum GSP
Rumah terduga teroris AS di Perum GSP Suci Manyar Gresik. Foto/SINDOnews/Ashadi Ik
A A A
GRESIK - Seorang warga, Agus Suparnoto (AS) alias Kresna diamankan Densus 88 di rumah kontrakan di Perum Griya Suci Permai Desa Suci, Kecamatan Manyar, Gresik. Pria 43 tahun itu diduga jaringan Jamiyah Islamiyah (JI) Semarang.

Informasi lapangan, AS diamankan usai sholat subuh di masjid sekitar rumah kontrakan,

“Diamankan usai subuhan. Wong berangkat ke masjid berpapasan dengan saya,” kata Siti Mariyatul tetangganya.

AS ini merupakan jaringan JI Semarang pimpinan Joko Priono. Bapak empat putra itu diduga salah satu pimpinan JI Semarang. Pernah ikut rapat-rapat sebanyak 12 kali.

Bahkan, data yang beredar, Agus diduga menjadi koordinator pengiriman ikhwan-ikhwan ke Suriah. Bahkan, sampai menyiapkan pembiayaannya juga.

Setelah AS diamankan, sekitar pukul 07.00 WIB, beberapa anggota Densus 88 mendatangi rumah kontrakan. Dilakukan penggeledahan sekitar dua jam.

Meski tidak ditemukan hal-hal yang berkaitan dengan perangkat lunak bom. Hanya laptop dan beberapa buku-buku terkait jihad.

Warga para tetangga tidak banyak mengenal sosok AS, lantaran dia merupakan warga pendatang yang sehari-hari berprofesi membuka jasa pelayanan perbaikan servis komputer.

"Hanya servis komputer aja yang saya tahu, selain itu tidak tahu. Sebab dia dan keluarganya baru sekitar enam bulan (tinggal) di sini," kata Siti.

Jarak rumah kontrakan AS dengan mushola tempat dia diamankan hanya berjarak kurang-lebih sekitar 100 meteran. Dengan usai penggerebekan, rumah kontrakan AS juga masih terlihat biasa dan tidak terpasang garis polisi.

"Orangnya baik, sering shalat berjamaah di mushola juga. Kalau ada pertemuan juga ikut," kata Siti.

Hingga berita ini ditulis, belum ada pernyataan resmi yang dikeluarkan pihak kepolisian terkait hal ini.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.5942 seconds (0.1#10.140)