Antisipasi 22 Mei, Polisi Sweeping Stasiun Pasar Turi-Terminal Bungurasih

Sabtu, 18 Mei 2019 - 22:59 WIB
Antisipasi 22 Mei, Polisi Sweeping Stasiun Pasar Turi-Terminal Bungurasih
Polda Jatim mengantisipasi gelombang massa dari Jatim yang hendak ke Jakarta guna mengikuti aksi people power yang rencananya digelar pada 22 Mei mendatang. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Polda Jatim langsung bergerak cepat melakukan antisipasi gelombang massa dari Jawa Timur (Jatim) yang hendak ke Jakarta guna mengikuti aksi people power yang rencananya digelar pada 22 Mei mendatang.

Aksi yang gagas oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga itu bertepatan dengan rekapitulasi suara Pilpres oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dalam antisipasi ini, Polda Jatim melalui jajaran dibawahnya, melakukan sweeping ke terminal dan stasiun. Di antaranya di terminal Bungurasih dan stasiun Pasar Turi. Di stasiun Pasar Turi, terdapat 65 personel yang melakukan pengecekan terhadap calon penumpang. Ke-65 personil itu, 40 di antaranya berasal dari Polrestabes Surabaya, Ditpamobvit 14 personel dan Ditsamapta 11 personel.

“Dari hasil pengecekan, hingga pukul 21.00 WIB tidak ada satupun penumpang jurusan Jakarta yang akan ikut aksi 22 Mei,” kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, Sabtu (18/5/2019).

Di terminal Bungurasih, sebanyak 56 aparat gabungan melakukan pemeriksaan terhadap calon penumpang yang hendak berangkat ke Jakarta sekaligus barang yang dibawa. Aparat gabungan ini terdiri dari 30 personel dari Polresta Sidoarjo, 10 personel dari Kodim Sidoarjo, 12 personel dari Satbrimobda Jatim dan 4 personel dari Dishub Jatim.

“Sampai saat ini pengecekan masih berjalan. Pengecekan ini akan dilakukan dalam waktu 1 x 24 jam. Hingga kini situasi masih aman,” imbuh Barung.

Disisi lain, Polda Jatim menggelar apel patroli gabungan dan razia selektif bertempat di depan gedung Mahameru Mapolda Jatim, Sabtu (18/5/2018). Apel ini dipimpin Karoops Polda Jatim Kombes Pol Herry Sitompul dan diikuti 1 satuan setingkat kompi (SSK) personil TNI AD dari Yon 500/raider.

Dalam pelaksanaan apel ini dilakukan pembagian kekuatan masing-masing 1 satuan setingkat peleton (SST). “Sebanyak1 SST ini untuj melakukan sweeping di wilayah Polrestabes Surabaya, Polresta Sidoarjo dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak,” pungkas Barung.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.9579 seconds (0.1#10.140)