Antisipasi Pergerakan Massa ke Jakarta, Polisi Sweeping Penumpang Bis

Minggu, 19 Mei 2019 - 05:17 WIB
Antisipasi Pergerakan Massa ke Jakarta, Polisi Sweeping Penumpang Bis
Personel Polresta Sidoarjo melakukan sweeping penumpang bis di Terminal Purabaya, Sabtu (18/5/2019) malam.Foto/Pramono Putra
A A A
SIDOARJO - Sekitar 60 polisi Polresta Sidoarjo didukung Brimob Polda Jatim bersenjata lengkap, melakukan sweeping penumpang bis tujuan Jakarta di Terminal Purabaya Surabaya di, Sabtu (18/5/2019) malam.

Seluruh penumpang tujuan Jakarta diperiksa kartu identitasnya, berikut barang bawaan selama perjalanan. Satu persatu penumpang diinterogasi alasan dan tujuan mereka berangkat ke Jakarta.

Sweeping yang dipimpin langsung Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho ini sengaja digelar sebagai antisipasi pergerakan massa dari wilayah Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya yang berangkat ke Jakarta jelang pengumuman hasil rekapitulasi suara hasil pemilu 2019 dan adanya isu aksi people power di kantor KPU Pusat Jakarta 22 mei mendatang.

Bahkan tidak hanya bis tujuan Jakarta, dalam sweeping itu polisi juga memeriksa penumpang bis tujuan Bandung dan sejumlah daerah di wilayah Jawa Barat yang berdekatan dengan Jakarta.

“Kita ingin mendukung pelaksanaan pengumuman hasil rekapitulasi suara hasil Pemilu 2019 di KPU Pusat Jakarta berjalan lancar dan damai,“ ujar Kombes Pol Zain Dwi Nugroho.

Meski dalam sweeping itu polisi belum menemukan adanya indikasi pergerakan massa ke Jakarta, namun polisi tidak segan untuk meminta penumpang balik ke rumah, jika diketahui akan ikut melakukan aksi massa di KPU Pusat Jakarta.

“Tidak hanya Terminal Bis Purabaya, kita juga akan sweeping penumpang kereta di Stasiun Kereta Api serta sejumlah tempat yang diindikasi akan digunakan sebagai tempat berkumpulnya massa yang akan berangkat ke Jakarta tgl 22 Mei mendatang,” tambah Zain Dwi Nugroho.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0218 seconds (0.1#10.140)