Mengapa Jokowi Kembali Temui AHY dan Zulkifli Hasan di Istana Merdeka

Selasa, 21 Mei 2019 - 09:57 WIB
Mengapa Jokowi Kembali Temui AHY dan Zulkifli Hasan di Istana Merdeka
Jokowi hari ini berencana kembali bertemu AHY dan Zulkifli Hasan di Istana Negara.Foto/dok
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo hari ini berencana bertemu dengan Komandan Komando Tugas Bersama Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan di Istana Merdeka, Jakarta.

Pertemuan dengan AHY akan digelar lebih dulu pada pukul 09.30 WIB. Sedangkan pertemuan dengan Zulkifli Hasan dalam kapasitasnya sebagai Ketua MPR pukul 15.00 WIB.

Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Adita Irawati membenarkan adanya dua agenda pertemuan tersebut. Namun, Adita tidak menyebutkan agenda pertemuan antara Jokowi dan AHY serta Jokowi dan Zulkifli Hasan. "Ya memang benar ada agenda itu," kata Adita saat dikonfirmasi, Selasa (21/5/2019).

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan pemenang perhelatan Pilpres 2019. Hasilnya, Capres-cawapres nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin memenangkan pesta demokrasi lima tahunan itu dengan perolehan suara sebesar 85.607.362. Sementara lawannya, capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hanya mendapat 68.650.239 suara.

Sebelumnya, Jokowi juga sempat menerima AHY di Istana pada Kamis (2/5/2019) lalu. Saat itu, AHY mengaku kedatangannya ke Istana atas undangan Jokowi untuk sekedar bersilaturahmi.

Usai pertemuan, AHY juga berpesan agar semua pihak menunggu hasil pilpres yang akan diumumkan KPU pada 22 Mei 2019. Jokowi juga dalam sebulan terakhir sudah beberapa kali bertemu Zulkifli Hasan, namun tidak pernah berlangsung empat mata.

Pada Rabu (24/4) lalu, Zulkifli sempat berbincang di Istana bersama Jokowi dan elite parpol lain usai pelantikan gubernur dan wakil gubernur Maluku. Lalu, Zulkifli juga bertemu Jokowi dalam empat momen buka puasa bersama.

Pertama, Zulkifli bersama sejumlah petinggi lembaga negara diundang Presiden Jokowi berbuka puasa di Istana Negara pada hari pertama puasa, Senin (6/5/2019). Selang beberapa hari kemudian, giliran Zulkifli selaku Ketua MPR balas mengundang Jokowi berbuka di rumah dinasnya.

Selanjutnya, pertemuan Jokowi dan Zulkifli juga terjadi saat buka puasa di rumah Ketua DPR Bambang Soesatyo dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1804 seconds (0.1#10.140)