ITS Sediakan 13 Bus Mudik Gratis Bagi Mahasiswa dan Masyarakat

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:30 WIB
ITS Sediakan 13 Bus Mudik Gratis Bagi Mahasiswa dan Masyarakat
ITS menyiapkan 13 armada bus untuk mudik gratis lebaran 2019.Foto/dok
A A A
SURABAYA - Mudik saat lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia dari tahun ke tahun. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menggelar mudik gratis serentak pada 2 Juni 2019.

Peserta mudik gratis ini tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa ITS saja, namun juga umum. “Kami membuka bagi masyarakat umum dan mahasiswa perguruan tinggi lain lainnya di Surabaya untuk bisa mudik gratis bersama,” kata Muhammad Saad Salahudin, koordinator mudik ITS 2019, Selasa (21/5/2019).

Ia melanjutkan, terdapat delapan rute perjalanan yang akan dilalui 13 bus yang disediakan. Yakni rute Kertosono-Trenggalek, Situbondo-Banyuwangi Utara, Karangjati-Ngawi, Malang-Blitar, Jember-Banyuwangi Selatan, Madiun-Ponorogo, Madiun-Magetan, dan Bojonegoro.

“Satu bus akan melalui satu rute, kecuali rute Kertosono-Trenggalek dilalui dua bus dan Jember-Banyuwangi Selatan serta Madiun-Ponorogo dilalui tiga bus,” ucapnya.

Saad juga menjelaskan, pendaftaran mudik bersama ini dibuka mulai 6-24 Mei 2019 dengan proses pendaftaran yang bisa dibilang cukup mudah. “Pendaftar hanya membawa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK), bisa sendiri atau diwakilkan”, jelasnya.

Stan pendaftaran juga dibuka setiap hari dari pukul 09.00 hingga pukul 17.00 di area Serambi Selatan Masjid Manarul Ilmi ITS. Berbeda dari tahun lalu, pendaftar mudik tahun ini bisa memilih nomor tempat duduk ketika proses pendaftaran. “Jadi, siapa yang lebih dulu mendaftar, bisa bebas memilih tempat duduk yang dianggapnya nyaman,” ujarnya.

Namun, pendaftar yang usianya masih di bawah lima tahun tidak bisa mendapatkan tempat duduk, jadi harus digendong atau dipangku oleh orang tuanya sendiri. Mudik kali ini juga bisa menampung 559 pendaftar, dengan tiap bus berisi 43 tempat duduk.

“Hingga hari ini pendaftar sudah cukup banyak, sudah mencapai lebih dari tiga ratusan orang,” kata mahasiswa Departemen Teknik Industri itu.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.9371 seconds (0.1#10.140)