Tol Lampung-Palembang Siap Dilalui Pemudik Lebaran 2019

Rabu, 22 Mei 2019 - 07:21 WIB
Tol Lampung-Palembang Siap Dilalui Pemudik Lebaran 2019
Hutama Karya (Persero) memastikan kesiapan Jalan Tol Trans-Sumatera untuk dilalui pemudik Lebaran 2019. Salah satunya ruas tol dari Bakauheni hingga Palembang. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Hutama Karya (Persero) memastikan kesiapan Jalan Tol Trans-Sumatera untuk dilalui pemudik Lebaran 2019. Salah satunya ruas tol dari Bakauheni hingga Palembang.

Untuk memastikan kesiapan tersebut, Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero), Bintang Perbowo meninjau jalan Tol Trans Sumatera Ruas Bakauheni - Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung yang dikelola oleh HK.

Penyusuran Trans Sumatera ini dilakukan bersama Komisaris PT Hutama Karya (Persero), Adityawarman dan Musyafak; serta Direktur Operasi I HK, Bambang Pramusinto.
Turut mendampingi pula Sekretaris Perusahaan HK, M. Fauzan; Kepala Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPJT) HK, J. Aries Dewantoro; dan Kepala Divisi Pengembangan Jalan Tol (PBJT) HK, Agung Fajarwanto.

Penyusuran ini bertujuan dari dilakukannya kunjungan ini adalah untuk meninjau kesiapan Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, Palembang, sebelum nanti dilalui oleh para pemudik.

“Saat ini kami sedang memastikan bahwa Jalan Tol Trans Sumatera dari Lampung sampai Palembang memang benar-benar siap untuk dilalui oleh para pemudik. Nanti ada yang operasional yaitu tol Bakauheni – Terbanggi Besar, dan juga ada yang akan kami fungsionalkan yaitu dari Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung," kata Bintang di Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Hingga saat ini progres pekerjaan konstruksi dari Terbanggi Besar hingga Kayu Agung sudah lebih dari 95% sehingga sudah siap difungsionalkan dengan kondisi seluruhnya perkerasan beton/rigid dan flexible pavement.

Tempat Istirahat Sementara telah dibangun. “Rambu sudah terpenuhi dan Tempat Istirahat Sementara (TIS) sudah kami bangun. Progressnya sudah 80%,” kata dia.

Kepala Divisi Pengembangan Jalan Tol PT Hutama Karya (Persero), Agung Fajarwanto menjelaskan bahwa dengan difungsionalkannya ruas Terbanggi Besar – Kayu Agung dan Kayu Agung – Palembang (dikelola oleh PT Sriwijaya Markmore Persada), menandakan bahwa pada arus mudik 2019, pemudik sudah dapat melakukan perjalanan dari Lampung hingga Palembang melalui jalan tol sepanjang kurang lebih 361,06 km.

“Jalur ini terdiri dari Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar yang telah beroperasi penuh sepanjang 140 km dan juga ruas lain yang masih fungsional yaitu Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang sepanjang 99 km, Ruas Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 87 km dan Ruas Kayu Agung-Palembang (dikelola oleh PT Sriwijaya Markmore Persada) sepanjang 34 km," pungkas dia.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5458 seconds (0.1#10.140)