Cegah Laka Lebaran, Puluhan Sopir di Blitar Dites Urine

Rabu, 22 Mei 2019 - 14:50 WIB
Cegah Laka Lebaran, Puluhan Sopir di Blitar Dites Urine
Petugas Polres Blitar dan BNNK melakukan tes urine kepada para pengemudi angkutan umum. Hasilnya, 31 sopir dipastikan bebas narkoba. Foto/Istimewa
A A A
BLITAR - Untuk mencegah terjadinya kecelakaan jelang lebaran, sedikitnya 31 sopir kendaraan umum di Kabupaten Blitar diambil sampel urine.

Satu persatu air kencing pengemudi truk dan angkutan umum lain itu, diperiksa. Cek urine untuk memastikan apakah yang bersangkutan mengkonsumsi narkoba atau tidak.

“Pemeriksaan bertempat di jembatan timbang Kabupaten Blitar,“ kata Kasubag Humas Polres Blitar Iptu M Burhanuddin dalam rilisnya Rabu (22/5/2019).

Secara tekhnis angkutan umum yang melintasi kawasan jalan timbang dicegat. Oleh petugas kepolisian diarahkan ke petugas gabungan yang bersiap di lokasi jembatan timbang.

Dalam pemeriksaan ini Polres Blitar yang diwakili Satlantas dan Satnarkoba menggandeng BNNK Blitar dan Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar. Cek urine berlangsung kilat. Tanpa menunggu waktu lama, contoh kencing yang ditempatkan secara khusus itu langsung bisa diketahui.

Menurut Burhanuddin, hasil tes urine seluruhnya negatif. Artinya 31 orang pengemudi angkutan umum itu dipastikan bebas narkoba. “Hasilnya negatif,“ kata Burhanuddin.

Selain memeriksa urine, dalam kesempatan itu petugas juga mengecek kelayakan kendaraan. Pemeriksaan meliputi fungsi rem, kondisi roda dan mesin kendaraan. Hal itu mengingat dari seumlah kasus kecelakaan yang terjadi, tidak jarang disebabkan kondisi roda atau rem blong. Dari pemeriksaan itu, kata Burhanuddin ditemukan dua unit kendaraan yang dinilai tidak layak jalan.

Selama belum dinormalisasi, kendaraan terkait dilarang turun ke jalan. “Ditemukan dua unit truk yang tidak laik jalan. Agar kendaraan tetap bisa dijalankan, kami meminta untuk segera dibenahi,“ kata dia.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6732 seconds (0.1#10.140)