alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

PDAM di Surabaya Pastikan Pasokan Air Bersih Aman Sampai Lebaran

Aan Haryono
PDAM di Surabaya Pastikan Pasokan Air Bersih Aman Sampai Lebaran
Penyambungan pipa PDAM terus dilakukan untuk menambah pasokan air bersih. Foto/SINDOnews/Aan Haryono

SURABAYA - Pasokan air bersih di Kota Surabaya, menjelang dan selama pelaksanaan Lebaran dipastikan aman. PDAM Surya Sembada Surabaya, memberikan jaminan tersebut.

Direktur Utama PDAM Surya Sembada Surabaya, Mujiaman Sukirno menuturkan, terjadi peningkatan jumlah kebutuhan air bersih sebanyak 5–10 persen selama bulan Ramadan. Meskipun bertambah, persediaan air bersih tetap terpenuhi.

PDAM Surya Sembada telah berhasil meningkatkan kapasitas produksi sebesar 20 persen. "Kapasitas awal (akhir 2017) 9.900 liter/detik, dan saat ini kapasitas mencapai kurang lebih 12.000 liter/detik," kata Mujiaman, Kamis (23/5/2019).



Bahkan, lanjutnya, saat Lebaran untuk aliran air pasti akan tercukupi semua selama tidak ada gangguan. "Karena kita telah berhasil pada 2018, kita tumbuh dengan baik, tiga kali pertumbuhan nasional," ucapnya.

Mujiaman juga menjelaskan, sebelum puasa hingga Lebaran, pihak PDAM terus melakukan inspeksi yang akan ditutup pada 30 Mei ke seluruh instalasi, termasuk rumah pompa akan kunjungi untuk memastikan kesiapannya.

"Semua dipastikan terkendali, asal tidak ada gangguan. Karena gangguan biasanya pasti ada, pasalnya saaat ini sedang banyak pembangunan box culvert di banyak tempat, jadi semua gangguan ini minimal sekali," katanya.

Ia pun mengimbau kepada seluruh masyarakat Surabaya agar tetap menghemat air dengan memastikan menutup air kran sebelum mudik.

"Meskipun pasokan air banyak, tapi tetap harus hemat, karena 14 tetes air saja itu sudah sama dengan 1 milimeter air yang bisa memberatkan pelanggan," katanya.



(eyt)

loading...