Hadapi Mudik dan Balik Lebaran, Grup Astra Siapkan 9 Pos Siaga

Kamis, 23 Mei 2019 - 12:58 WIB
Hadapi Mudik dan Balik Lebaran, Grup Astra Siapkan 9 Pos Siaga
Grup Astra menyiapkan 600 teknisi mobil di sepanjang jalur mudik lebaran, untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pemudik. Foto/Ist.
A A A
SURABAYA - Guna memberi keamanan dan kenyamanan bagi pemudik, Grup Astra menyiapkan 600 teknisi mobil yang tersebar di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi.

Perusahaan otomotif tersebut menyiapkan sebanyak sembilan Pos Siaga, 97 Bengkel Siaga, 27 Garda Siaga, serta 58 Emergency Roadside Assistance.

Regional Office Head Astraworld Jawa Timur, Victoria Surjani Hadi mengatakan, program yang diberi nama Astra Holiday Campaigne (AHC) ini akan digelar mulai Jumat (29/5/2019) hingga Jumat (7/5/2019).

"Dalam program ini, kami tidak hanya menyiapkan teknisi mobil yang jumlahnya 600 orang. Kami juga menyiapkan teknisi sepeda motor yang jumlahnya mencapa 252. Para teknisi ini akan melayani pemudik di pos dan bengkel siaga, bale santai Honda dan pos rehat," katanya, Kamis (23/5/2019).

Pos Siaga Astra dalam program AHC ini berada di 9 lokasi. Diantaranya di rest area tol Merak-Jakarta, rest area tol Jakarta-Cikampek, rest area tol Cipali, rest area tol Palikanci, rest area tol Batang-Semarang, rest area tol Semarang-Solo, rest area Solo-Ngawi, rest area tol Jombang-Mojoketo dan SPBU di Selabih Lalalinggah Selemadeg Barat, Bali.

"Di Pos Siaga ini, pemudik bisa singgah untuk melakukan pemeriksaan kendaraan atau servis ringan. Sambil menunggu kendaraan diperiksa dan diperbaiki, pemudik bisa beristirahat sambil menikmati fasilitas yang tersedia," ujar Victoria.

Area Service Coordinator Daihatsu (Grup Astra) Jatim Sapto Pamungkas menambahkan, dalam program yang sama tahun lalu, ada sebanyak 41 unit mobil Daihatsu yang memanfaatkan layanan Pos Siaga.

Selain Daihatsu ada juga mobil Isuzu 22 unit dan mobil Peugeot 2 unit. "Rata-rata pengerjaan ringan. Namun mayoritas adalah penggantian oli. Ini karena ada program menarik bagi setiap pembelian oli di tempat (Pos Siaga)," imbuhnya.

Sementara bagi pemudik sepeda motor, Astra Honda Motor (AHM) menggelar program Mudik Balik Bareng Honda (MBBH). Program ini diikuti sebanyak 1.120 unit motor Honda. Mereka akan mudik ke kampung halaman masing-masing pada Rabu (29/5/2019) dan berkumpul di parkir Bhanda Graha Reksa, Kelapa Gading Jakarta Utara.

Dari 1.120 unit motor Honda, 240 unit tujuan Semarang dan diangkut dengan 6 truk khusus sepeda motor. Lalu 560 unit tujuan Yogyakarta yang diangkut dengan 14 truk. Sisanya, 320 unit tujuan Solo dan diangkut 8 truk.

Sementara 2.700 peserta mudik akan diberangkatkan keesokan harinya dengan menggunakan 63 bus eksekutif di Plant Sunter AHM. "MBBH juga menyediakan GPS Tracking yang dapat digunakan untuk memeriksa posisi motor pemudik," pungkas Victoria.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.9562 seconds (0.1#10.140)