alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

FIFA Batal Tambah Jumlah Peserta Piala Dunia 2022 di Qatar

Susanto
FIFA Batal Tambah Jumlah Peserta Piala Dunia 2022 di Qatar
Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) menegaskan bahwa jumlah peserta Piala Dunia 2022 di Qatar tidak akan bertambah. Foto/ IstimewaT

ZURICH - Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) akhirnya memutuskan jumlah peserta Piala Dunia 2022 di Qatar tidak akan bertambah. Sebelumnya, ada wacana menambah jumlah kontestan dari 32 negara jadi 48 negara peserta.

Wacana tersebut pertama kali mencuat dan diumumkan Presiden FIFA Gianni Infantino dalam sebuah forum beberapa bulan lalu. Saat itu, FIFA menilai Piala Dunia akan berlansung makin semarak dengan bertambahnya jumlah peserta.

"Setelah melakukan proses konsultasi menyeluruh dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, disimpulkan bahwa melihat kondisi saat ini, penambahan peserta belum bisa dilaksanakan," demikian pernyataan FIFA.



Infantino mulai menyerah dari ide tersebut pada bulan Maret lalu. Dalam sebuah pertemuan dewan FIFA di Miam, dia berujar "Jika itu terlaksana, fantastis. Tapi jika tidak terjadi, juga fantastis."

Meski begitu, rencana menambah negara kontestan Piala Dunia berikutnya, 2026, kemungkinan masih bisa terlaksana. Piala Dunia 2026 akan digelar di tiga negara, yaitu AS, Kanada dan Meksiko.

Dengan persiapan dan perencanaan yang matang, tiga negara tuan rumah itu dipercaya mampu menggelar pertandingan dalam jumlah yang lebih banyak.



(nth)

Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif