Car Free Day Ditiadakan Saat Lebaran

Kamis, 23 Mei 2019 - 18:17 WIB
Car Free Day Ditiadakan Saat Lebaran
Pelaksanaan Car Free Day yang biasa dilakukan di akhir pekan akan ditiadakan selama Lebaran. Foto/SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Pelaksanaan Car Free Day akan ditiadakan saat Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Dinas Lingkungan Hidup meniadakan sementara kegiatan Car Free Day yang biasanya dilaksanakan tiap Minggu pagi pukul 06.00-10.00 WIB. Peniadaan Car Free Day kali ini dilakukan pada Minggu, 2 Juni dan 9 Juni 2019.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya Eko Agus Supiadi Sapoetro mengatakan, peniadaan Car Free Day sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal ini bertujuan agar masyarakat Kota Surabaya dapat bersilaturahmi dengan keluarganya tanpa mencari alternatif jalan lain.

Selain itu, melihat kondisi Kota Surabaya yang juga terbilang tidak seramai biasanya di pagi hari selama Lebaran.

“Seperti tahun lalu kami meniadakan Car Free Day ini karena masih dalam suasana Lebaran, sehingga warga Kota Surabaya yang membutuhkan unjung-unjung (bertamu) ke saudaranya tidak perlu mencari alternatif jalan lain. Apalagi Kota Surabaya terbilang tidak ramai seperti biasanya saat pagi hari,” kata Eko Agus, Kamis (23/5/2019).

Dia menjelaskan, peniadaan Car Free Day kali ini berada di lima titik Kota Surabaya. Di antaranya, Jalan Raya Darmo, Jalan Tunjungan, Jalan Jemur Andayani, Jalan Kembang Jepun dan Jalan Raya Kupang Indah. "Kami tiadakan supaya warga Kota Surabaya bisa menikmati liburan dengan baik bersama keluarga," kata dia.

Selama libur Lebaran, Dinas Lingkungan Hidup juga terus melakukan pengawasan untuk meminimalisir penggunaan sampah plastik.

Menurut Eko, selama libur lebaran pihaknya tetap melakukan pengawasan dan penertiban terkait sampah plastik, khususnya di tempat-tempat wisata yang kerap di kunjungi masyarakat.

"Untuk sampah plastik kami tetap sosialisasikan kepada warga Kota Surabaya untuk tetap menjaga. Hal itu juga berlaku bagi masyarakat luar kota yang berkunjung ke kota kami tercinta, akhirnya kami harapkan segan untuk buang sampah sembarangan," kata dia.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2317 seconds (0.1#10.140)