alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sufism Jazz, Betemunya Musik Jazz dengan Ramadhan

Ali Masduki
Sufism Jazz, Betemunya Musik Jazz dengan Ramadhan
Kolaborasi musik Jazz dan penari sufi dipanggung Sufism Jazz, UM Surabaya, Kamis (23/5/2019) malam. Foto/Istimewa

SURABAYA - Kampus sejuta inovasi ini menyelenggarakan event Surabaya Festival in Ramadhan and Jazz (Sufism Jazz), sebuah pertunjukan untuk kali pertama di tengah perayaan umat muslim dalam menjalankan ibadah puasa.

Rektor UMSurabaya, Sukadiono, mengatakan, acara tersebut digagas sebagai upaya untuk menanamkan rasa peduli antar sesama, mengingat Ramadhan memiliki signifikansi kuat dalam upaya memperkuat toleransi dan sikap menghargai bagi seluruh manusia.

Berbagai konflik yang hadir pasca pemilu atau konflik lain, di mana situasinya banyak orang mudah menyebar kebencian dan suka saling membedakan, baik atas nama agama, etnik dan aliran yang terjadi selama ini adalah bagian dari masalah hari ini.



“Melalui musik khususnya jazz, pesan- pesan perdamaian berusaha dirajut dengan memanfaatkan bulan Ramadhan sebagai momentum semua pihak untuk memperbaiki diri. Ramadhan adalah bulan menahan diri dan memperbaiki diri," kata dia.

Sufism Jazz, Betemunya Musik Jazz dengan Ramadhan

Event Manager Sufism Jazz, Radius Setiawan, mengatakan, acara Sufism jazz ini sangat menarik karena mengundang berbagai pertunjukan, seperti jazz music guest starr “Letto Band”.

“Perform yang diisi oleh Letto Band serta beberapa jazz band terkemuka harapannya mampu meningkatkan animo anak muda untuk berdakwah melalui media musik jazz," kata dia.

Selain itu, pada Sufism Jazz juga diselenggarakan charity, berupa nonton konser gratis dengan menunjukkan bukti bayar zakat, medical check-up bagi pengunjung konser, dan lelang lukisan untuk anak yatim.

"Kami memadukan unsur entertain dan juga unsur charity untuk meningkatkan kepedulian sivitas akademika UMSurabaya serta kaum muda," kata dia.

Acara Sufism jazz yang diselenggarakan di halaman kampus UMSurabaya pada 23 Mei 2019 tersebut mengangkat konsep charity concert. Turut hadir kolaborasi Fussion Jazz Community, Beben Jazz, tarian sufi, rapper, dj, musik gergaji dan perkusi. Para musisi dan seniman tersebut menghangatkan UM Surabaya mulai pukul 15.00-22.00 WIB.



(nth)

loading...