Bulan Puasa, Picu Penurunan Penjualan Semen

Sabtu, 01 Juni 2019 - 08:08 WIB
Bulan Puasa, Picu Penurunan Penjualan Semen
Penjualan Semen Indonesia di Jawa Timur (Jatim) sepanjang Januari-April 2019 mencapai 2,14 juta ton atau turun 9,4% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2018 sebesar 2,36 juta ton. Foto/SINDOnews/Dok
A A A
SURABAYA - Secara konsolidasi, penjualan Semen Indonesia di Jawa Timur (Jatim) sepanjang Januari-April 2019 mencapai 2,14 juta ton atau turun 9,4% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2018 sebesar 2,36 juta ton.

Dari data Asosiasi Semen Indonesia (ASI), total penjualan semen di Jatim tercatat sebesar 2,74 juta ton atau mengalami perlambatan 6,3% dibandingkan periode yang sama di tahun 2018 sebesar 2,93 juta ton.

“Penurunan penjualan Semen Indonesia di Jatim akibat permintaan semen yang melemah pasca penyelesaian beberapa proyek infrastruktur," kata Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Sigit Wahono, di sela acara #MembangunKetakwaan bersama jurnalis Jatim di Graha Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim, Jum’at (31/5/2019).

Penurunan penjualan semen juga dampak dari momen pesta demokrasi, musim hujan dan mendekati bulan puasa. Sehingga, pelaksanaan proyek oleh pemerintah dan swasta masih lambat atau belum dimulai. Selain itu, pasar semen domestik di Jatim semakin kompetitif dengan hadirnya beberapa pemain baru.

"Meski begitu, kami optimistis kinerja penjualan bisa jauh lebih baik di semester II, dikarenakan proyek-proyek infrastruktur yang sempat tertunda akan dilanjutkan di sisa tahun 2019,” kata dia.

Sementara itu, acara #MembangunKetakwaan juga diisi dengan pemberian bingkisan Lebaran kepada 100 orang yang terdiri dari pengemudi becak, juru parkir, petugas kebersihan. Acara kemudian dilanjutkan dengan buka puasa bersama.

Rangkaian kegiatan #MembangunKetakwaan diawali dengan tausiyah yang dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan Lebaran oleh SVP of SMO & Communication Semen Indonesia Ami Tantri didampingi Kepala Departeman Komunikasi Perusahaan Sigit Wahono dan Ketua PWI Jatim Ainur Rohim.

Sigit mengatakan, kegiatan #MembangunKetakwaan merupakan bagian dari program “Membangun Kekuatan, Memajukan Indonesia”. “Melalui kegiatan buka puasa bersama dan pemberian bingkisan Lebaran ini, perusahaan berharap bisa semakin mendekatkan diri dengan masyarakat. Hubungan yang sinergis antara perusahaan dan masyarakat diharapkan mampu mendorong peningkatan nilai tambah bagi perusahaan dan masyarakat maupun mitra kerja lain,” kata dia.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.5580 seconds (0.1#10.140)