Petamina Bentuk Tim Satgas RAFI Khusus LPG di Jawa Timur

Sabtu, 01 Juni 2019 - 08:55 WIB
Petamina Bentuk Tim Satgas RAFI Khusus LPG di Jawa Timur
Pertamina MOR V membentuk tim Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) khusus LPG yang akan bertugas sejak tanggal H-30 hingga H+15 Idul Lebaran. Foto/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Selama Ramadhan dan menjelang Lebaran, kebutuhan bahan bakar LPG 3 kg di wilayah Jawa Timur meningkat. Untuk itu, Pertamina Marketing Operation Region V melakukan strategi penyaluran yang optimal demi memenuhi kebutuhan energi ke masyarakat.

Pertamina MOR V membentuk tim Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) khusus LPG yang akan bertugas sejak tanggal H-30 hingga H+15 Idul Lebaran.

Tidak ketinggalan, untuk Wilayah Kabupaten Bondowoso, yang terdiri dari 23 kecamatan, saat ini kebutuhan LPG disuplai oleh 813 pangkalan dengan penyaluran sebesar 434.980 tabung per bulan

Tim Satgas ini akan berperan khusus dalam memantau dan mengkoordinasikan penyaluran LPG, mulai dari penguatan stok, kelancaran distribusi hingga pemantauan kondisi di lapangan. Sehingga ketersediaan LPG di masyarakat dapat terus terpenuhi.

Bulan Mei 2019 ini, rata-rata konsumsi untuk LPG 3 kg di wilayah Bondowoso sebanyak 16.730 tabung per hari, atau mengalami kenaikan 7,6% dari normal 15.500 tabung per hari. Bahkan pada minggu lalu, di Bondowoso telah disalurkan tambahan sebanyak 21.840 tabung, atau 138% dari alokasi normal harian.

Terkait dengan kestabilan harga dan kelancaran distirbusi LPG, Pertamina telah berkoordinasi dengan Disperindag Kabupaten Bondowoso terkait LPG bersubsidi tepat sasaran dan antisipasi pasokan selama Ramadhan dan Lebaran. Kemudian berkoordinasi dengan Hiswana Migas dan agen LPG untuk mempriortitaskan penyaluran kepada rumah tangga dan usaha mikro.

"Masyarakat diimbau membeli LPG di pangkalan resmi Pertamina dan tidak membeli LPG dalam jumlah yang berlebihan (panic buying), dikarenakan pasokan stok LPG cukup untuk kebutuhan Lebaran. Apalagi besok akan ada extra dropping sebanyak 11.200 tabung," jelas Unit Manager Communication & CSR MOR V, Rustam Aji, Jumat (31/5/2019).

Masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam upaya peningkatan pelayanan Pertamina dan melaporkan apabila terjadi kendala dan hambatan distribusi produk Pertamina melalui Contact Pertamina di nomor 135 atau nomor 1500-000.

Pertamina akan terus melakukan update apabila terdapat program promo pelanggan dan laporan satgas terbaru melalui akun media sosial yaitu @pertaminamor5.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7720 seconds (0.1#10.140)