Tips Mudik Aman Gunakan Kendaraan Pribadi

Sabtu, 01 Juni 2019 - 09:58 WIB
Tips Mudik Aman Gunakan Kendaraan Pribadi
Perlu persiapan khusus bagi Anda yang hendak mudik bertemu sanak saudara ketika mengendarai kendaraan pribadi. Foto/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Berkumpul dengan keluarga besar di kampung halaman adalah puncak acara dari perayaan hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadhan.

Oleh karena itu, layaknya sebuah pagelaran konser akbar, perlu persiapan khusus bagi Anda yang hendak mudik bertemu sanak saudara ketika mengendarai kendaraan pribadi. Berikut beberapa tips dari Grab untuk persiapan perjalanan mudik yang aman.

1. Badan harus dalam kondisi sehat
Kesehatan merupakan prioritas nomor satu. Jika badan jauh di bawah kondisi kesehatan rata-rata, maka pertimbangkan untuk menunda atau bahkan membatalkan mudik dengan berkendara.

2. Kendaraan harus dalam kondisi sehat
Pastikan untuk servis atau melakukan pemeriksaan kendaraan sebelum digunakan jalan jarak jauh. Sempatkan waktu untuk memeriksa bahan bakar, tekanan angin ban, air radiator hingga oli mesin.

3. Rencanakan perjalanan dengan peta digital
Agar di jalan hemat waktu, pastikan Anda merencanakan perjalanan dengan menggunakan peta digital. Ketahui mana saja yang bisa dilewati dan mana yang patut dihindari.

4. Membawa bekal untuk di jalan
Siapkan persediaan, agar Anda bisa makan atau nyemil di jalan. (Baca juga: Tips Packing Baju, Makeup dan Lain-Lain untuk Mudik yang Nyaman).

5. Istirahat
Jangan sepelekan istirahat saat mudik. Anda perlu setidaknya stop 2-3 jam sekali untuk mengisitirahatkan otot-otot di badan, mengisi perut, dan kegiatan relaksasi lainnya.

6. Membawa barang seperlunya
Hal ini penting demi kestabilan kendaraan Anda, khususnya Anda yang menggunakan motor. Usahakan agar barang bawaan tidak berlebihan sampai keluar dari sisi-sisi kendaraan. Jika perlu, kirim barang-barang terlebih dahulu melalui kurir.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6532 seconds (0.1#10.140)