Peserta Mudik Gratis Terbanyak, Pemprov Jatim Dapat Rekor MURI

Minggu, 02 Juni 2019 - 12:49 WIB
Peserta Mudik Gratis Terbanyak, Pemprov Jatim Dapat Rekor MURI
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kanan) dan Kepala Dishub Jatim, Fattah Jasin, saat melepas Mudik Gratis Pemprov Jatim Tahun 2019. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Pemprov Jatim meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) kategori Mudik Gratis Terbanyak, dengan total jumlah pemudik kurang lebih 270.000 orang.

Mereka mudik menggunakan berbagai moda transportasi. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Eksekutif Manager MURI, Sri Widayati kepada Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

Usai menerima penghargaan, Khofifah mengatakan bahwa semua yang dilakukan Pemprov Jatim bukan untuk mencari penghargaan, namun semata-mata ingin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. "Mudah-mudahan ke depan kami bisa terus meningkatkan pelayanan terbaik kami bagi masyarakat Jatim," katanya

saat melepas Mudik Gratis Pemprov Jatim Tahun 2019 di Frontage Road depan Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jatim, Jalan Ahmad Yani Surabaya, Minggu (2/6/2019).

Kepada para pemudik, gubernur perempuan pertama di Jatim ini juga mendoakan agar perjalanan mudiknya berjalan aman dan lancar. Dia juga meminta pemudik untuk mengutamakan keselamatan dengan tidak meminta sopir mengebut saat menyetir. Ditambah para sopir juga sudah menjalani serangkaian tes kesehatan dan dinyatakan sehat.

"Mudah-mudahan mudik gratis ini bisa membantu sukacita dan bahagianya masyarakat bertemu dengan keluarga di kampung halaman. Semoga nanti kembali ke Surabaya dengan penuh semangat memulai aktivitas," ujarnya.

Tidak lupa, dirinya juga berpesan kepada para pemudik agar ketika berada di kampung halaman berhati-hati ketika mengendarai motor. "Kemarin saya dengar bahwa kecelakaan tinggi tidak hanya yang mudik dengan motor, tapi juga di kampung sendiri banyak yang mengendarai motor tidak hati-hati, jadi saya minta tolong hati-hati dan saling menjaga," pesannya.

Sementara itu, Kepala Dishub Jatim, Fattah Jasin mengatakan, program mudik balik gratis ini sudah dilaksanakan Pemprov Jatim selama 12 tahun. Pada tahun ini, jumlah peserta mudik gratis baik dengan moda transportasi bus, kereta api dan kapal laut total mencapai kurang lebih 270.000 orang.

"Dengan jumlah ini maka MURI memberikan penghargaan kepada kita," katanya sembari mendoakan semua pemudik selamat sampai tempat tujuan.

Mudik gratis yang diselenggarakan Pemprov Jatim tahun ini sudah diselenggarakan beberapa tahap. Untuk moda transportasi bus selain di Dishub Jatim juga diberangkatkan dari beberapa lokasi lain seperti Pasar Induk Puspa Agro, PT. Maspion Sidoarjo, dan Universitas Airlangga. Untuk moda kereta api sendiri sudah diberangkatkan mulai 28 Mei 2019 lalu.

Sementara untuk moda transportasi kapal laut dilakukan di wilayah kepulauan Jatim sebanyak enam lintasan diantaranya Surabaya-Masalembo, Tanjungwangi-Sapeken, dan Kalianget-Kangean.

Adapun hari ini total bus yang diberangkatkan dari Dishub Jatim sebanyak 99 bus dengan total penumpang 5.841 orang. Bus tersebut diberangkatkan menuju 20 kabupaten dan kota dengan rute di antaranya Surabaya-Madiun-Ponorogo (16 bus), Surabaya-Madiun-Magetan (14 bus), Surabaya-Jember-Banyuwangi (12 bus), dan Surabaya-Madiun-Pacitan (12 bus).
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.5864 seconds (0.1#10.140)