Hormati Anggotanya yang Purna Tugas, Arsal Kayuh Becak

Minggu, 02 Juni 2019 - 13:02 WIB
Hormati Anggotanya yang Purna Tugas, Arsal Kayuh Becak
Kapolres Lumajang, AKBP Muhammad Arsal Sahban mengayuh becak, mengangkut anggotanya yang purna tugas. Foto/Ist.
A A A
LUMAJANG - Polres Lumajang melepas 15 personelnya yang telah usai masa bhaktinya sebagai anggota Polri. Mereka, rata-rata telah mengabdi di kepolisian lebih dari 30 tahun.

Ada yang unik dalam prosesi pelepasannya, Kapolres Lumajang, AKBP Muhammad Arsal Sahban, dan pejabat utama Polres Lumajang, mengayuh becak dengan penumpang para personil Polri yang memasuki masa purna bhakti.

Arsal yang memimpin rombongan becak ini, mengayuh becaknya menyusuri Alun-alun Lumajang. Tampak warga Kabupaten Lumajang pun mengabadikan momen haru ini. Nampak pula beberapa warga melambaikan tangan kepada rombongan.

Sesampai kembali di Mapolres Lumajang, Arsal menyerahkan ke-15 anggotanya tersebut ke Persatuan Purnawirawan (PP) Polri sebagai simbol hubungan antara Polri dan para purnawirawan Polri tetap terjalin dalam wadah organisasi PP Polri.

Suasana prosesi tersebut sangat mengharukan. Banyak anggota yang menangis haru dan memeluk teman-temannya yang purna tugas. "Saya sengaja mengayuh becak sendiri bersama para pejabat utama Polres Lumajang. Inilah bentuk penghargaan terakhir yang bisa kami berikan kepada teman-teman yang purna tugas," ungkapnya.

Dia mengaku, sangat berterima kasih kepada anggotanya yang telah usai masa tugas sebagai anggota Polri. Negara sangat bangga pernah memiliki Bhayangkara-bhayangkara terbaik, karena dedikasinya berpuluh tahun mengabdikan jiwa dan raganya untuk ibu pertiwi.

"Dan hari ini, tugas beliau-beliau telah usai sebagai penegak keadilan. Saya berharap teman-teman yang purna tetap dapat membantu kami dengan memberikan masukan dan kritikan membangun, agar kami bisa terus meningkatkan kinerja dalam pelayanan kepada masyarakat," terang Arsal.

AKP Siti Alfika, salah satu anggota Polri yang memasuki masa pensiun sangat terharu atas pelepasannya sebagai anggota Polri saat ini.

"Kami sangat terharu atas pelepasan kami seperti ini. Baru sejak kapolresnya Pak Arsal, kami dilepas seperti ini, dengan prosesi pedang pora dan naik becak yang dikayuh pak kapolres sendiri. Rasanya kami sangat mendapatkan penghargaan dan penghormatan," katanya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0023 seconds (0.1#10.140)