BB TNBTS Siagakan Personil di Gunung Bromo, Ada Apa?

Senin, 03 Juni 2019 - 16:21 WIB
BB TNBTS Siagakan Personil di Gunung Bromo, Ada Apa?
Kawasan Gunung Bromo, dan lautan pasir, diprediksi bakal padat dikunjungi wisatawan saat libur lebaran. Foto/SINDOnews/Yuswantoro
A A A
MALANG - Libur lebaran sudah berlangsung, bersamaan dengan libur sekolah. Kawasan Gunung Bromo, dan Gunung Semeru, menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan.

Baik wisatawan lokal maupun manca negara selalu memadati kawasan yang dikelola Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) tersebut.

Menurut Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Lapangan dan Kehumasan BB TNBTS, Sarif Hidayat, salah satu momen puncak kunjungan ke kawasan ini adalah saat libur panjang Idul Fitri.

"Libur panjang ini, banyak dimanfaatkan oleh wisatawan untuk menghabiskan waktu liburannya di kawasan TNBTS, dan menjadi salah satu kunjungan tertinggi di TNBTS," tuturnya.

Jumlah kunjungan wisatawan yang meningkat, menurutnya tidak jarang menyebabkan persoalan pada pintu-pintu masuk kawasan dan titik-titik destinasi utama di Gunung Bromo, Laut Pasir, Savana, Penanjakan dan Pendakian Semeru.

BB TNBTS Siagakan Personil di Gunung Bromo, Ada Apa?


Konsentrasi pengunjung pada kawasan Bromo, dan Semeru, pada momen libur lebaran Idul Fitri tersebut, memerlukan fasilitasi pelayanan dan pengamanan pengunjung yang memadai dari petugas BB TNBTS.

"Dalam rangka pelayanan prima kepada wisatawan di TNBTS termasuk pada musim libur Idul Fitri 2019, kami melaksanakan kegiatan khusus berupa pelayanan dan pengamanan pengunjung Idul Fitri," terang Sarif.

Berbagai persiapan telah dilakukan, di antaranya, menyiapkan personil pengamanan pengunjung selama lebaran yang dipusatkan di empat pintu masuk pelayanan pengunjung.

Empat pintu tersebut, antara lain di Pintu Masuk Coban Trisula di Kabupaten Malang, Pintu Masuk Ranupani (khusus pendakian) di Kabupaten Lumajang, Pintu Masuk Tengger Laut Pasir Cemorolawang di Kabupaten Probolinggo, dan Pintu Masuk Penanjakan Wonokitri di Kabupaten Pasuruan.

Selain personil TNBTS, pelayanan dan pengamanan pengunjung di libur lebaran ini, dibantu oleh personil Polri, TNI, relawan dan mitra, serta dukungan tenaga medis dari Puskesmas terdekat.

BB TNBTS Siagakan Personil di Gunung Bromo, Ada Apa?


"Kami juga memastikan infrastruktur dan fasilitas optimal untuk mendukung pelayanan pengunjung. Di antaranya perbaikan sarana jalan di Cemorolawang, perbaikan sarana shelter di Coban Trisula, Cemorolawang, dan Penanjakan, pemeliharaan sarana toilet dan pembuangan sampah di beberapa titik yang banyak dikunjungi wisatawan," tuturnya.

Selain itu, menurut Sarif, BB TNBTS juga memastikan para pelaku jasa wisata seperti transportasi jip, dan pedagang menyediakan tempat sampah, serta ikut mendukung kebijakan bebas sampah di kawasan TNBTS. "Khusus pelaku penyedia jasa kuda, sudah diberlakukan wajib menggunakan kantong kotoran kuda untuk memastikan kenyamanan wisata," tegasnya.

BB TNBTS juga menghimbau kepada para pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua jenis matic, agar berhati-hati saat berkendara, mengingat medan topografi TNBTS yang bervariasi.

"Sebelum menuju kawasan TNBTS, harus mengecek kondisi kendaraan dan benar-benar prima (mesin, rem, dan fasilitas keamanan lainnya); beristirahat pada titik-titik tertentu untuk memulihkan stamina dan kondisi fisik kendaraan; tidak berkendara dengan kecepatan tinggi terutama pada saat melalui jalan yang menurun serta tetap waspada, menjaga ketertiban dan mematuhi peraturan yang berlaku selama melaksanakan kegiatan wisata di TNBTS," terang Sarif.

Sementara bagi para pendaki, juga dihimbau agar tetap menjaga kondisi fisiknya selama melakukan pendakian, membawa sampah kembali setelah pendakian dan mentaati peraturan yang dikeluarkan TNBTS baik secara tertulis maupun lisan yang disampaikan petugas.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.5996 seconds (0.1#10.140)