alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Lebaran, KRI Makassar-590 Antar Ratusan Perantau Pulang Kampung

Ali Masduki
Lebaran, KRI Makassar-590 Antar Ratusan Perantau Pulang Kampung
Menhub Budi Karya Sumadi, dan Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, menyambut kedatangan para pemudik KRI Makassar-590, di Dermaga Jamrud, Tanjung Perak Surabaya, Senin (03/6/2019). Foto/SINDOnews/Ali Masduki

SURABAYA - Ratusan masyarakat dari berbagai daerah di Pulau Jawa, yang merantau di Balikpapan, akhirnya bisa menginjakkan kaki di kampung halamannya dengan selamat.

Bahkan, perantau yang berjumlah lebih dari 990 orang itu tidak perlu mengeluarkan ongkos sama sekali selama perjalanan.

Mereka berangkat dengan KRI Makassar-590 dari Pelabuhan Semayang, Balikpapan, dan tiba di Dermaga Jamrud, Tanjung Perak Surabaya, pada Senin (03/6) siang.



Lebaran, KRI Makassar-590 Antar Ratusan Perantau Pulang Kampung

Saat tiba di Tanjung Perak, para pemudik ini mendapat sambutan hangat dari Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, dan Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto .

"Terimakasih kepada Panglima Koarmada II dan TNI AL," ungkap sejumlah pemudik lewat tulisan di kertas yang mereka pegang.

Budi Karya Sumadi mengatakan, mudik merupakan kebutuhan masyarakat Indonesia, khususnya saat momen Hari Raya Idul Fitri. Bahkan, kata dia, di Madura ada yang sudah belasan hingga puluhan tahun tidak mudik.

"Jadi memang pemerintah harus hadir. Oleh karenanya kami bersama semua elemen melakukan kegiatan itu," katanya.

Menhub mengaku sudah menyiapkan alternatif mudik lewat laut sejak tahun lalu. Alternatif mudik lewat laut ini, menurut Budi, disiapkan sebab masyarakat banyak yang belum terfasilitasi.

Lebaran, KRI Makassar-590 Antar Ratusan Perantau Pulang Kampung

Sementara Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto menambahkan, mudik gratis dengan KRI Makassar-590 ini merupakan kerjasama antara TNI AL dengan kementrian perhubungan yang berjalan sejak lama.

"Ini suatu prestasi kemajuan terus menerus, saya berharap kepada Pak Menteri agar bisa lebih baik lagi dan lebih baik lagi sehingga masyarakat serupa bisa lebih baik lagi,"ujarnya

Dalam perjalanannya, lanjut Mintoro, para perantau mendapatkan sejulmah fasilitas yakni mendapatkan makan gratis, tempat akomodasi yang memadai dan cukup nyaman bagi masyarakat untuk pulang mudik lebaran 2019 ini.

"Pemudik ditempatkan diruang pasukan, karena ini memang kapal khusus kapal perang untuk angkut pasukan serta material tempur amphibi," kata dia.

Lebaran, KRI Makassar-590 Antar Ratusan Perantau Pulang Kampung

Sebelumnya, guna mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang Mudik Lebaran 2019, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) IIĀ  Laksda TNI Mintoro Yulianto memerintahkan jajaran di bawahnya seperti Lantamal V Surabaya, Lantamal VI Makassar, Lantamal VII Kupang, Lantamal VIII Manado, dan Lantamal XIII Tarakan untuk membuat survei di wilayah masing-masing.

Dengan tajuk Mudik Bareng BUMN 2019 Departemen Perhubungan RI menggandeng Mabes TNI AL dalam melaksanakan program tersebut. Untuk itu Pemerintah bersama TNI mengadakan program perjalanan mudik gratis, ini guna melancarkan arus mudik dan meringankan beban masyarakat yang ingin mudik lebaran ke kampung halaman.

Sekedar diketahui, KRI Makassar- 590 KRI Makassar 590 memiliki panjang 125 meter dan lebar 22 meter. Kapal ini merupakan Alut Sista yang berada di dalam jajaran Satuan Amphibi Koarmada II dengan Komandan Letkol Laut (P) Anton Pratomo.



(eyt)

loading...