Pendidikan Biologi FKIP UMM Terbaik se-Indonesia Versi SINTA

Selasa, 04 Juni 2019 - 17:14 WIB
Pendidikan Biologi FKIP UMM Terbaik se-Indonesia Versi SINTA
Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) jadi yang terbaik di Indonesia. Foto/Ist.
A A A
MALANG - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali menegaskan dirinya sebagai salah satu perguruan tinggi bergengsi dan memiliki kualitas tinggi di Indonesia.

Kali ini, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMM, didaulat sebagai program studi pendidikan biologi terbaik se-Indonesia.

Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMM, berada di urutan pertama dari 143 prodi yang sama di Indonesia, baik perguruan tinggi negeri (PTN), maupun perguruan tinggi swasta (PTS).

Penetapan itu berdasarkan indikator publikasi ilmiah yang terdaftar di portal SINTA Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

SINTA (Science and Technology Index) merupakan portal yang berisi tentang pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) yang meliputi kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal, dan kinerja institusi Iptek.

SINTA dibuat guna mewadahi hasil penelitian yang sudah dipublikasikan secara online. Sehingga orang yang dapat berkontribusi di Portal SINTA adalah para peneliti dan dosen.

Merujuk pada http://sinta2.ristekdikti.go.id/departments/afiliasi?kdprodi=84205&view=affiliation, terlihat jelas posisi Pendidikan Biologi UMM berada di urutan pertama. Score yang diperoleh adalah 91 (5 year Score) dan 365 (all year score).

Score ini memiliki selisih yang cukup jauh dengan score yang diperoleh beberapa PTN, misalnya UM (59/191), UNM (57/193), UNESA (43/122), dan UPI (21/203).

Pendidikan Biologi FKIP UMM Terbaik se-Indonesia Versi SINTA


Peringkat di “5 Year Score” adalah berdasarkan skor 5 tahun terakhir, publikasi dihitung sejak tahun 2015 sampai publikasi (sekitar) akhir Mei 2019. Sedangkan untuk “All Year Score” dihitung seluruh tahun publikasi.

Skor lima tahun terakhir ini (akan) dipakai untuk pemberian beragam kategori Penghargaan Sinta. Adanya skor ini, diharapkan perguruan tinggi, dosen atau peneliti, dan pihak lainnya akan dapat lebih terpacu setelah melihat produktifitas dalam tiga tahun terakhir.

Menanggapi capaian prestasi ini, Dekan FKIP UMM, Poncojari Wahyono menegaskan, bahwa hal tersebut sebenarnya bukan hal yang mengagetkan. Menurutnya, prestasi ini sangat wajar mengingat Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMM terus melakukan inovasi-inovasi dalam hal publikasi.

Semua dosen secara bersama-sama giat melakukan penelitian berkualitas, lalu mempublikasikan artikel ilmiah mereka di jurnal bereputasi internasional.

Bahkan, budaya itu pun menular kepada mahasiswa. Mahasiswa semester akhir secara otomotis memformat skripsi mereka menjadi artikel ilmiah yang akan dipresentasikan di berbagai seminar nasional dan internasional, juga minimal di jurnal-jurnal terakreditasi.

Dia juga menjelaskan, bahwa tradisi juara dan prestasi memang menjadi nafas prodi-prodi di lingkungan FKIP UMM.

Secara khusus di Prodi yang diketuai oleh Iin Hindun ini, telah diperoleh rekognisi internasional berupa sertifikasi dari ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA), yang merupakan prodi Pendidikan Biologi pertama di Indonesia.

Prodi ini juga memperoleh Akreditasi A (2011-2021), Laboratorium Biologi Terakreditasi KAN dan ISO-17025, memiliki Jurnal terakreditasi Sinta 2 dan terindeks internasional (JPBI), dan program-program kerjasama internasional.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4064 seconds (0.1#10.140)