alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jamah Islam Aboge di Probolinggo, Baru Hari Ini Lebaran

Hana Purwadi
Jamah Islam Aboge di Probolinggo, Baru Hari Ini Lebaran
Para jamaah Islam Aboge di lima kecamatan yang ada di Kabupaten Probolinggo, baru hari ini merayakan lebaran. Foto/iNews TV/Hana Purwadi

PROBOLINGGO - Apabila pemerintah telah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1440 H, jatu pada Rabu (5/6/2019) kemarin. Berbeda dengan yang dilakukan Jamaah Islam Aboge.

Jamaah Islam Aboge di lima kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Jatim), baru hari ini menggelar Salat Idul Fitri 1440 H, Kamis (6/6/2019).

Ratusan jamaah ini memiliki perhitungan sendiri untuk menetapkan selesainya puasa Ramadhan. Yakni, dengan menggunakan pedoman Kitab Mujarobat.



Salat Idul Fitri Jamaah Islam Aboge, salah satunya digelar di Desa Leces, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo. Selain itu, Salat Idul Fitri tersebut juga digelar Jamaah Islam Aboge di Kecamatan Dringu, Kecamatan Kuripan, Kecamatan Bantara, dan Kecamatan Tegal Siwalan.

Secara umum, Jamaah Islam Aboge tidak memiliki perbedaan dengan Jamaah Islam pada umumnya yang ada di Indonesia. Hanya saja, mereka memiliki penetapan berbeda untuk jatuhnya 1 Syawal 1440 H, yakni selisih satu hari setelah penetapan dari pemerintah.

"Bagi kami, yang terpenting adalah menjaga kerukunan antar umat beragama, karena pada dasarnya sama, hanya ada perbedaan pada sistem penghitungan penetapan 1 Syawalnya saja," ujar Anto, salah seorang Jamaah Islam Aboge di Kabupaten Probolinggo.

Selepas menggelar Salah Idul Fitri, Jamaah Islam Aboge menggelar tradisi bersilaturahmi bersama dengan bersalaman dan makan bersama, serta saling mengunjungi tetangga untuk bermaaf-maafan.

Mereka bergitu bergembira dan bersemangat merayakan hari kemenangan, dan selalu menjaga kerukunan antar umat beragama di tengah kebhinekaan yang ada di Indonesia, untuk terus mewujudkan perdamaian dan persatuan.



(eyt)

loading...