Libur Lebaran ke Lumajang, Jangan Lewatkan Air Terjun Tumpak Sewu

Kamis, 06 Juni 2019 - 19:23 WIB
Libur Lebaran ke Lumajang, Jangan Lewatkan Air Terjun Tumpak Sewu
Keindahan alam Kabupaten Lumajang, sangat luar biasa. Salah satunya, air terjun Tumpak Sewu yang mempesona. Foto/Ist.
A A A
LUMAJANG - Keindahan alam Kabupaten Lumajang, tiada duanya. Wilayah di lereng Gunung Semeru ini, memiliki air terjung yang sangat indah, yakni air terjun Tumpak Sewu.

Bahkan, keindahan Tumpak Sewu tidak kalah dengan air terjun Niagara di Amerika. Lebarnya aliran air terjun ini, memang mirip dengan Niagara. Lokasinya juga sama-sama berada di wilayah perbatasan.

Niagara berada di perbatasan Amerika Serikat, dengan Kanada. Sementara, Tumpak Sewu berada di perbatasan antara Kabupaten Lumajang, dengan Kabupaten Malang.

Debit air di Tumpak Sewu memang tidak sebesar di Niagara. Tetapi, pemandangannya yang sangat indah di lereng pegunungan, sangat menarik minat wisatawan mancanegara maupun domestik untuk menikmatinya.

Tumpak Sewu memiliki tinggi sekitar 120 meter, yang merupakan air terjun terindah di Pulau Jawa, dan Indonesia. Air terjun ini memiliki formasi unik, karena memiliki aliran air yang melebar seperti tirai sehingga termasuk dalam tipe air terjun Tiered.

Lokasi Tumpak Sewu ada di dalam sebuah lembah curam memanjang dengan elevasi 500 meter di atas permukaan laut (mdpl). Air terjun ini terbentuk di aliran Sungai Glidih yang berhulu di Gunung Semeru.

Tak mengherankan kalau Pemprov Jatim dalam Anugerah Wisata Jawa Timur 2018, memberikan penghargaan Tumpak Sewu sebagai wisata alam terbaik di Jawa Timur, kemudian disusul Wisata Gunung Kelud di Kabupaten Kediri, dan wisata Watu Rumpuk di Kabupaten Madiun.

Di media sosial khususnya Instagram, Air Terjun Tumpak Sewu juga sudah mendapat predikat sebagai salah satu spot petualangan yang instagrammable. Banyak petualang yang datang ke air terjun ini, karena treknya yang mudah dilalui dan letaknya mudah dicapai.

Libur Lebaran ke Lumajang, Jangan Lewatkan Air Terjun Tumpak Sewu


Untuk menuju ke air terjun ini, bisa dijangkau melalui Kabupaten Lumajang, yakni dari jalan nasional rute tiga lintas selatan Jawa Timur.

Jika berangkat dari Malang, Anda bisa memilih rute perjalanan Bululawang-Dampit-Tirtomoyo-Pronojiwo-perbatasan Lumajang dan Malang. Setelah sampai di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, wisatawan akan melihat pintu masuk obyek wisata air terjun Tumpak Sewu di tepi jalan.

Jalan tersebut muat dua kendaraan saat berpapasan. Anda pun bisa langsung parkir di tempat wisata air terjun Tumpak Sewu. Lokasinya sangat mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum berupa minibus. Bus-bus dengan rute Lumajang-Malang, biasanya beroperasi pukul 07.00-16.00 WIB.

Di samping Air Terjun Tumpak Sewu, di sekitar lokasi tersebut ada juga wisata lainnya yang tidak kalah menariknya, yaitu arum jeram, dan offroad di lereng Gunung Semeru. Wisatawan bisa menguji adrenalinnya di alam terbuka yang sangat indah pemadangannya.

Banyaknya wisatawan yang datang berwisata di wilayah Kabupaten Lumajang, membuat Polres Lumajang, juga selalu turun ke lokasi guna memberikan rasa aman dan tenang bagi para wisatawan.

Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban juga sangat mengagumi keindahan Tumpak Sewu. Potensi keindahan alam ini, menjadi aset bagi pengembangan wisata di Kabupaten Lumajang.

"Makanya kami berusaha keras memberantas kejahatan jalanan di wilayah Kabupaten Lumajang, supaya wisatawan tidak merasa cemas untuk datang berwisata menikmati keindahan alam, dan tentunya akan memiliki dampak ekonomi ke masyarakatnya," tuturnya.

Perwira polisi yang menyandang geelar doktor bidang hukum bisnis ini mengatakan, semakin maju pariwisata di wilayah Kabupaten Lumajang, pasti akan berdampak besar pada ekonomi masyarakatnya, karena akan semakin banyak terbuka lapangan pekerjaan dan usaha.

Tumbuhnya sektor pariwisata yang didukung dengan tingkat keamanan yang tinggi, tentunya akan mendukung usaha-usaha ekonomi mandiri masyarakat, seperti penyedia homestay, pemandu wisata, penyedia transportasi, serta pedagang sekitar obyek wisata, termasuk pengrajin oleh-oleh khas Kabupaten Lumajang.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.2009 seconds (0.1#10.140)