Asap Tebal Ganggu Jalur Mudik di Lumajang, Ada Apa?

Jum'at, 07 Juni 2019 - 16:24 WIB
Asap Tebal Ganggu Jalur Mudik di Lumajang, Ada Apa?
Petugas pemadam kebakaran, dan Polres Lumajang, berusaha memadamkan api yang menimbulkan asap pekat pengganggu jalur mudik. Foto/Ist.
A A A
LUMAJANG - Jalur mudik dan balik lebaran di wilayah Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang, tiba-tiba tertutup asap pekat, sehingga mengganggu pandangan pengguna jalan.

Kondisi jalan tertutup asap tebal ini terjadi sejak H-3 lebaran. Setelah petugas dari Polres Lumajang melakukan penelusuran, ternyata asap tersebut berasal dari pembakaran sampah plastik di bawah jembatan di selatan pasar tumpah Ranuyoso.

Petugas gabungan dari Satuan Lalulintas (Satlantas), dan Satuan Bhayangkara (Sabhara) Polres Lumajang, Polsek Ranuyoso, dan Pemadam Kebakaran (PMK) Kabupaten Lumajang, akhirnya turun tangan berusaha memadamkan api, agar asapnya tidak membahayakan pengguna jalan.

"Diduga, kebakaran sampah ini adalah ulah tangan jahil yang dengan sengaja membakar tumpukan sampah plastik di bawah jembatan," ujar Kapolres Lumajang, AKBP Muhammad Arsal Sahban.

Dia meminta jajarannya segera memadamkan api, agar asapnya tidak lagi mengganggu jalur mudik di wilayah Kecamatan Ranuyoso. "Beruntung api segera bisa dipadamkan, dan asap segera bisa diatasi," tegasnya.

Kasatlantas Polres Lumajang, AKP I Gede Putu Atma Giri mengatakan, api dapat segera dipadamkan bersama-sama, dan asapnya sudah bisa hilang. "Asap yang menutup jalan sangat membahayakan pengguna jalan," ujarnya.

Dia menghimbau masyarakat tidak secara sembarangan membuang sampah, dan membakarnya di dekat jalan raya, karena asapnya sangat membahayakan para pengguna jalan, dan bisa memicu terjadinya kemacetan lalulintas hingga kecelakaan.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.5148 seconds (0.1#10.140)