Rayakan Lebaran, Konsumsi Elpiji di Jatim Naik 21%

Jum'at, 07 Juni 2019 - 23:38 WIB
Rayakan Lebaran, Konsumsi Elpiji di Jatim Naik 21%
Konsumsi elpiji di Jatim, selama lebaran mengalami kenaikan 21%. Foto/Ilustrasi
A A A
SURABAYA - Lebaran yang jatuh pada Rabu (5/6/2019) sampai dengan H+2, penjualan elpiji ukuran tiga kilogram (kg) di Jawa Timur (Jatim) mengalami kenaikan hingga 21 %.

Puncak kenaikan tersebut terjadi pada hari Senin (3/6/2019) atau H-2 lebaran, dengan penyaluran mencapai 4.585 metric ton (MT), dari rata-rata harian.

Selang sehari kemudian, yakni Selasa (4/6/2019) atau pada H-1, konsumsi elpiji tiga kg masih mengalami kenaikan hingga 15% dari rata-rata harian. Pada kondisi normal, penyaluran elpiji tiga kg di Jatim sebesar 3.780 MT atau sekitar 1,26 juta tabung per hari.

"Sejak masa Satuan Tugas (Satgas) yang telah dicanangkan, tren konsumsi elpiji tiga kg memang mengalami kenaikan, dimana puncaknya terjadi pada Senin lalu, dengan penyaluran setara 1,5 juta tabung tiga kg, naik 21% dari normal," ujar Unit Manager Communication ang CSR Pertamina MOR V Jatimbalinus, Rustam Aji, Jumat (7/6/2019).

Secara kumulatif, selama sebulan Ramadhan terjadi peningkatan konsumsi elpiji tiga kg di Jatim sebesar 7 persen. Angka ini sesuai prediksi Pertamina sebelumnya, yang mengantisipasi kenaikan hingga 9 persen dari rata-rata harian normal.

Kenaikan tersebut, dipicu oleh tren masyarakat yang mulai melakukan kegiatan memasak selama Ramadhan, khususnya menjelang hari raya Idul Fitri.

"Tim Satgas Pertamina selama masa satgas sampai dengan H+15 lebaran, masih terus memonitor disitribusi dan penjualan elpiji tiga kg di lapangan. Sehingga dapat dipastikan ketersediaan elpiji tiga kg di jalur distribusi resmi Pertamina aman," kata Rustam.

Selain mengoptimalkan persediaan di enam depot dan kilang elpiji, serta seluruh SPPBE yang ada di Jatim. Pertamina juga berkoordinasi dengan lembaga penyalur elpiji, untuk mengaktifkan agen dan pangkalan siaga.

Agen ini diminta tetap buka melayani di hari libur. Di Jatim, jumlah Agen Siaga mencapai 352 untuk elpiji tiga kg, dan Pangkalan Siaga elpiji tiga kg mencapai 3.800, termasuk SPBU yang menyediakan elpiji tiga kg.

"Kami mengimbau pada masyarakat untuk membeli elpiji di Agen dan Pangkalan Resmi Pertamina. Ini agar mendapat harga yang sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan," pungkas Rustam.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5547 seconds (0.1#10.140)