Hari Ini Puncak Arus Balik, Pemudik Diminta Perhatikan Pesan Berikut

Minggu, 09 Juni 2019 - 08:34 WIB
Hari Ini Puncak Arus Balik, Pemudik Diminta Perhatikan Pesan Berikut
puncak arus balik lebaran diperkirakan terjadi hari ini. pemudik diharapkan tetap hari-hati dan memperhatikan kesehatan.foto/dok
A A A
SURABAYA - Puncak arus balik diperkirakan terjadi Minggu (9/6/2019) hari ini. Pemudik diharapkan tetap hati-hati dan memperhatikan kesehatan serta kondisi di jalan raya, terutama jika terjadi kemacetan.

Menteri Kesehatan Nilla F Moeloek memberi catatan khusus kepada para pemudik yang hendak kembali ke tempat kerja. Puncak arus balik dimungkinkan mengakibatkan penumpukan kendaraan pemudik.

"Saya kira memang betul kalau terjebak macet umumnya mobil itu kan nyala AC-nya, dan itu memang yang kita harus imbau agar jendela dibuka supaya udaranya bisa masuk," kata Nilla saat meninjau Arus Balik di Terminal Bus Tipe A Tingkir, Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (8/6/2019).

Nilla juga mengimbau masyarakat yang terjebak macet agar tetap berhati-hati dan fokus dalam berkendara. Untuk menghindari dehidrasi setiap pemudik mesti menyiapkan air minum yang cukup di dalam mobil. Dan tak kalah penting adalah siapkan obat-obatan pribadi.

"Terutama itu jangan sampai dehidrasi, air minum itu harus dibawa dalam hal ini dan obat-obatan juga jangan lupa. Biasanya memang kalau macet ini kekurangan oksigen dan ini yang harus kita hati-hati," jelasnya.

Dalam kegiatan itu, dia juga bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Mereka mengecek kesehetan sopir dan kelayakan bus yang akan mengantar pemudik kembali ke tempat kerja. Setiap sopir dipastikan kondisinya prima, untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

"Di sini kami melihat beberapa hal yang penting-penting diantaranya kesehatan. Tadi saya mengecek fasilitas kesehatan dan kondisi kesehatan pengemudi bus. Hasilnya menggembirakan, kondisi sopir tetap terjaga kesehatannya dengan tensi yang baik,” jelas Budi Karya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1017 seconds (0.1#10.140)