Puncak Arus Balik di Tol Cipali, Kendaraan Antre Puluhan Kilometer

Minggu, 09 Juni 2019 - 22:30 WIB
Puncak Arus Balik di Tol Cipali, Kendaraan Antre Puluhan Kilometer
Kendaraan mengular hingga puluhan kilometer mulai dari Km 90 ruas Tol Cipali, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (9/6/2019). (Foto: iNews/Irwan)
A A A
PURWAKARTA - Kepadatan lalu lintas terpantau pada puncak arus balik pada Minggu malam (9/6/2019) atau H+4 Lebaran di ruas Tol Cipali, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat (Jabar). Kendaraan harus mengantre hingga puluhan kilometer (km). Akibatnya banyak pengendara yang kelelahan dan memilih beristirahat di bahu jalan tol.

Dari pantauan, kepadatan kendaraan ini terjadi tepatnya di Km 73, sekitar Cikopo, Purwakarta. Di ruas tol penghubung Purwakarta-Cirebon ini, kepadatan kendaraan mencapai sekitar 20 km, terhitung dari gerbang Tol Cikatama yang berada di Km 70 hingga ke Km 90 Tol Cipali Subang.

Korlantas Polri bekerja sama dengan pengelola tol telah memberlakukan sistem one way atau satu arah untuk mengurai kemacetan dan kepadatan. Namun, kondisi ini masih terjadi di kedua jalur arah Jakarta. Hal ini mengakibatkan laju kendaraan hanya bisa di bawah 10 km per jam. Bahkan, tak jarang laju kendaraan pun terhenti.

Kepadatan arus lalu lintas ini membuat para pengendara kelelahan. Mereka banyak berhenti di bahu jalan untuk sekadar meregangkan otot atau mendinginkan mesin mobil.

Salah satunya Bambang, yang baru pulang dari Solo dan akan menuju Jakarta. Dia dan keluarganya memilih beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

“Ya kami lelah ini, kami dari Solo dan seharusnya perjalanan sesuai prediksi jam 7 sudah sampai di rumah di Jakarta karena berangkat jam 9 tadi pagi. Macet tertahan di Semarang, Tol Bawean, kalau dari Semarang ke arah Cipali sini lancar, ini baru mandeg di sini,“ kata Bambang.

Pengendara lainnya, Romadi juga mengatakan, dia dan keluarganya beristirahat sebentar karena kelelahan selama perjalanan. Sebelumnya perjalanan cukup lancar, namun mulai macet setelah Km 90 Tol Cipali.

“Lagi ngadem, istirahat, perjalanan dari Pemalang, sekitar jam 12 siang lah. Perjalanan sih tadi lancar, kira-kira mulai Km 90 mulai begini macet,” kata Romadi.

Kepadatan dan kemacetan di ruas Tol Cipali Purwakarta ini sudah terjadi sejak Sabtu sore kemarin. Untuk mengurai kepadatan kendaraan pihak Korlantas Polri masih tetap memberlakukan sistem satu arah hingga Km 29.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3688 seconds (0.1#10.140)