Anas Ajak Diaspora Banyuwangi Bangun Bumi Blambangan

Senin, 10 Juni 2019 - 11:45 WIB
Anas Ajak Diaspora Banyuwangi Bangun Bumi Blambangan
Bupati Abdullah Azwar Anas mengajak perantau Banyuwangi untuk ikut serta membangun Bumi Blambangan.Foto/ist
A A A
BANYUWANGI - Ribuan perantau asal Banyuwangi dari berbagai pelosok Indonesia berkumpul di Pendapa Sabha Swagata Blambangan pada momen lebaran ini. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengajak semua membangun daerah dalam acara Diaspora Banyuwangi.

Kebetulan, yang hadir lumayan banyak. Pendapa Sabha Swagata Blambangan yang menjadi venue kegiatan dipadati 1.000 diaspora. Semuanya kompak mengenakan batik dan udeng khas Banyuwangi.

"People to people connection itu jauh lebih kuat dan dahsyat dibandingkan business relation. Silaturahim diaspora setahun sekali dan bertepatan dengan momentum halal bi halal ini sarana yang baik untuk memperkuat jalinan hubungan personal. Muaranya memajukan daerah," papar Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Kebetulan, tokoh yang sudah sukses banyak. Ada yang menjadi petinggi Polri, OJK, Konsul Keuangan, artis, semuanya banyak yang dari Banyuwangi. "Semuanya bisa membantu membangun Banyuwangi. Banyuwangi sudah menunjukkan prestasinya yang luar biasa, jadi jangan segan membantu daerah ini," ajak Arief.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyampaikan diaspora didesain untuk semakin menguatkan cinta kepada Banyuwangi. Diaspora ini untuk menguatkan semua untuk semakin menumbuhkan cinta pada daerah.

"Momen juga bisa dijadikan tempat menggalang solidaritas membangun daerah dan bertukar informasi. Semua bisa membangun jejaring untuk bersama-sama mengembangkan daerah," ujarnya

Acara yang dihelat tiap libur Lebaran itu selalu dihadiri Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi). Ada yang dari Indonesia. Ada juga yang mancanegara. Karenanya, penyambutannya diset sangat istimewa Beragam kuliner lokal khas Banyuwangi ikut disajikan. Dari rujak soto, nasi tempong, pecel pitik, dan ayam kesrut, semua bisa dicicipi. Lagu-lagu khas Banyuwangi juga dimainkan untuk mengobati kerinduan para perantau.

Bupati Abdullah Azwar Anas langsung happy. Dia berharap kegiatan Diaspora ini bisa semakin menumbuhkan rasa cinta daerah, khususnya bagi para perantau.

“Acara ini kami desain untuk semakin menguatkan cinta kepada Banyuwangi. Di sini mereka saling bersapa, memunculkan kembali kenangan masa kecilnya. Memori itu kami gali kembali. Insya Allah bisa semakin menumbuhkan cinta pada daerah. Kalau sudah cinta, otomatis tergerak untuk bantu mengembangkannya,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Dia mengatakan, Diaspora Banyuwangi selalu digelar rutin setiap tahun itu menjadi media penting Pemkab Banyuwangi untuk menyampaikan perkembangan pembangunan daerah. Momennya bisa sekaligus dimanfaatkan untuk meminta masukan dari warga perantau.

"Silakan bikin sesuatu di Banyuwangi. Usaha pertanian, peternakan, pariwisata, dan sebagainya. Ayo bareng-bareng majukan daerah," ungkap Azwar Anas.

Bupati Anas lantas memaparkan berbagai perkembangan Banyuwangi. Mulai dari Bandara Internasional Banyuwangi, pengembangan pariwisata, hingga pabrik kereta api terbesar di Indonesia yang tengah dibangun di Banyuwangi.

Saat ini, di Banyuwangi juga sedang dibangun industri kereta api terbesar di Indonesia yang dilengkapi dengan museum kereta api. Industri tersebut juga berarsitektur khas rumah masyarakat Suku Osing. Ini diprediksi bakal menjadi ikon baru Banyuwangi.

“Saat ini kami juga menjadikan Puskesmas sebagai mal orang sehat, bukan lagi orang baru datang ke sana saat sakit. Sebelum Lebaran kemarin saya ke Puskesmas Jajag, alhamdulillah luar biasa daftar kunjungan orang sehat untuk konsultasi gizi, sanitasi, atau cek darah meningkat,” ujar Anas.

Dia menambahkan, di lokasi acara Diaspora Banyuwangi juga dihadirkan beragam usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Para diaspora bisa langsung melihat dan belanja oleh-oleh dari UMKM.

“Mengapa kita hadirkan UMKM langsung di lokasi pendopo ini? Padahal mereka juga punya gerai masing-masing dan bisa beli lewat online? Alasannya simpel. Kita ingin membangun kedekatan. Bukan saja beli oleh-oleh, tapi kita bangun kesadaran untuk mencintai, membeli, dan mempromosikan produk Banyuwangi. Kita di sini disatukan oleh rasa cinta kepada Banyuwangi. Maka dengan melihat produk UMKM, Bapak Ibu ribuan diaspora ini bisa ikut tergerak mempromosikan. Bahkan tidak menutup kemungkinan bermitra, berbisnis bersama,” papar Anas
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.3353 seconds (0.1#10.140)